Lestarikan Ekosistem Pesisir, MAPALAUT Gandeng Pelajar Pandeglang Tanam Pohon Magrove di Cikujang

 

PANDEGLANG – Puluhan Mahasiswa Penjelajah Alam Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (MAPALAUT) Banten bersama dengan Siswa Pecinta Alam (Sispala) se-Pandeglang menggelar aksi penanaman bibit pohon Mangrove di Pantai Cikujang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, yang dimulai dari tanggal 19 Oktober hingga tanggal 20 Oktober 2024 kemarin.

Kepada Fakta Banten, Iip (Comek) Hidayat selaku Ketua Pelaksana dalam kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan aksi tanam pohon mangrove di Cikujang.

“Kami panitia merasa bangga bahwa kita semua hadir dengan semangat yang sama, yaitu menjaga lingkungan dan melestarikan ekosistem pesisir. Mangrove memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan alam, mulai dari pencegahan erosi, penyerapan karbon, hingga menjadi rumah bagi berbagai satwa laut,” katanya pada Senin (21/10/2024) siang.

Ia juga menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut bukan hanya sekadar menanam pohon, tetapi sebagai wujud nyata komitmen dalam menjaga lingkungan untuk generasi mendatang.

“Saya berharap, apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi langkah awal dari banyak kegiatan serupa di masa depan. Mari kita jaga bumi kita, dimulai dari hal-hal kecil seperti ini,” lanjutnya.

Hal senada diungkapkan oleh Sani (Sega) Talitha selaku Ketua Umum MAPALAUT, bahwa ia sangat bersyukur dan bangga karena telah terselenggaranya kegiatan tersebut sampai selesai tanpa ada hambatan apapun.

DPRD Cilegon Hari Santri

“Sebagai ketua umum, saya melihat bahwa kegiatan ini memiliki makna yang sangat penting, tidak hanya bagi lingkungan, tetapi juga bagi kita semua sebagai individu yang peduli terhadap kelestarian alam,” katanya.

Bagi Sani (Sega) Talitha, Mangrove merupakan salah satu ekosistem vital yang harus betul-betul dijaga dan dilestarikan.

Karena keberadaannya dapat membantu melindungi pantai dari abrasi, menyediakan habitat bagi keanekaragaman hayati, dan berperan dalam mengurangi dampak perubahan iklim.

“Oleh karena itu, saya merasa kegiatan ini adalah bagian dari upaya kita untuk berkontribusi dalam pelestarian alam dan lingkungan hidup,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia, peserta, dan pihak-pihak yang terlibat dalam aksi yang banyak mengandung manfaat untuk stabilitas lingkungan hidup sekarang, dan di masa yang akan datang.

Ia juga berharap kegiatan penanaman dapat terus berlanjut dan menginspirasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

“Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi masyarakat luas. Kita semua adalah bagian dari perubahan menuju lingkungan yang lebih baik. Mari kita rawat bumi ini dengan tindakan nyata,” pungkasnya. (*/Mukhlas)

Dindik HUT Banten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien