Resah Liat Masyarakat Buang Sampah di Kali, Tim Katak Pecinta Sungai di Tangerang Berikan Edukasi

 

TANGERANG – Berawal dari keresahan Ganef Saputra seorang Lelaki Paruh Baya berumur 65 Tahun yang merupakan warga bantaran kali Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang melihat masyarakat sekitar yang selalu membuang sampah ke kali Desa Teluknaga, mengakibatkan kali tercemar dan kotor.

Ganef Saputra bergerak bersihkan sampah di kali Desa Teluknaga yang berhasil menarik perhatian enam orang masyarakat yang kini tergabung dalam Tim Katak Pecinta Sungai.

Berjalan sejak bulan Desember 2022 lalu, Ganef bersama Timnya galakan kali bersih dengan gotong royong membuat Filter Sampah dan Sosialisasi kepada Masyarakat agar tidak membuang sampah di kali.

“Saya sempat dikatain orang gila sama masyarakat, ngapain gitu ya ngelakuin kayak gini?!, Tapi sekarang Alhamdulillah Masyarakat ikut bergerak bersama kami untuk peduli lingkungan,” ujar Ganef Saputra selaku pendiri Tim Katak Pecinta Sungai.

Kini Tim Katak Pecinta Sungai sudah berhasil menormalisasi Kali Desa Teluknaga kurang lebih sepanjang 1,5 Km.

Tak hanya bersihkan sampah dan sosialisasi Tim Katak Pecinta Sungai juga sudah berhasil memanen ikan nila merah sebanyak 3,5 Kuintal yang sebelumnya sudah ditebar benih sebanyak 7.000 ekor di Kali Desa Teluknaga.

Sementara itu Zamzam Manohara S.STP selaku Camat Teluknaga mengapresiasi tim katak pecinta sungai.

“Saya sangat mengapresiasi gerakkan yang di lakukan Tim Katak Pecinta Sungai ini, saya butuh lebih banyak semangat Masyarakat untuk berkolaborasi bersama kami menjaga lingkungan, kami juga sudah menerjunkan Petugas Kebersihan kami yang juga bekerjasama dengan DLHK Kab. Tangerang untuk mengangkut sampah hasil gotong royong tersebut,” pungkasnya. (*/Red)

Tangerangtim katak pecinta sungai
Comments (0)
Add Comment