Kpu

Puluhan Pemudik di Pelabuhan Ciwandan Tertahan Tak Bisa Menaiki Kapal, Ternyata Ini Penyebabnya

CILEGON – Kisah pilu dialami M. Rizki Pranata pemudik kendaraan bermotor yang tidak bisa melanjutkan perjalanan mudiknya dengan tujuan Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung

Rizki seorang perantau di Tangerang harus tertahan di Pelabuhan Ciwandan saat hendak menyebrang ke pulau Sumatera.

Pemudik berusia 24 tahun itu berangkat dari Tangerang dengan niat hati ingin langsung menaiki kapal, namun sesampainya di Pelabuhan Ciwandan sekira pukul 22:30 WIB pada Selasa (18/4/2023) Rizki bersama rekannya tersebut tidak bisa langsung menaiki kapal dan ditahan oleh petugas ASDP yang berjaga.

Rizki menceritakan dirinya ditahan dan tidak bisa menaiki kapal lantaran tiket yang dipesan sendiri melalui aplikasi Ferizy tidak sesuai dengan jadwal keberangkatan malam itu.

Rizki niat hati ingin berangkat pada Selasa malam 18 April 2023, namun harus dikecewakan dengan jadwal tidak sesuai dengan tiket yang dia pesan.

Jadwal di tiket yang suda ia pesan menunjukkan pada Rabu malam 19 April 2023 pukul 23:00 WIB, namun Rizki sudah berada di Pelabuhan Ciwandan lebih awal dari tiket yang sudah dijadwalkan.

“Ternyata saya salah pencet waktu pesan tiket mas, saya pesen tiket sendiri di aplikasi Ferizy tidak beli di loket penyedia jasa tiket Ferizy mungkin sayanya yang kurang fokus,” ujar Rizki, saat diwawancarai.

Advertorial

Advertorial

Rizki mengaku kebingungan dengan kondisi tersebut, Dia terpaksa harus memesan tiket ke dua kalinya untuk segera menaiki kapal dan melanjutkan perjalanan mudiknya ke kampung halaman.

“Sempet bingung sih mas tapi ya mau gimana lagi masa saya harus nunggu 24 jam di Pelabuhan, akhirnya saya memilih beli tiket lagi saja supaya cepet sampai rumah,” paparnya.

Rizki mengatakan bahwa 25 persen uang pembelian tiket awal akan dikembalikan pihak Ferizy, namun ia tetap menyayangkan kelalaian dirinya.

“Tapi yah mas 25 persen uang tiket pertama akan dikembalikan tapi tetep aja bagi saya yang sedang perjalanan jauh lumayan aja untuk minum atau makan,” ungkap Rizki.

Selain itu, pantauan wartawan faktabanten.co.id di Pelabuhan Ciwandan terdapat puluhan pemudik yang mengalami hal serupa dengan Rizki.

Seperti yang diungkapkan oleh Rizal pemudik dengan tujuan Kota Bandar Lampung itu menceritakan bahwa dia harus kembali memesan tiket supaya tidak menunggu di Pelabuhan sampai berganti hari.

“Iya nih kang kita beli tiket baru lagi, Padahal dari pagi sudah pesan sendiri pas di cek petugas ternyata bukan malam ini jadwal berangkatnya,” tandasnya. (*/Nas)