Dermaga 6 Pelabuhan Merak Dikhususkan untuk Pemudik dengan Kendaraan Roda 2

Gerindra Nizar

CILEGON – Bagi pemudik lebaran tahun ini dengan kendaraan roda dua yang akan menyebrang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakahueni Lampung, kini akan mendapatkan akses khusus. Dimana PT ASDP Indonesia Ferry Merak menyiapkan dermaga 6 yang akan dikhususkan untuk pemudik dengan kendaraan bermotor roda dua.

Dermaga 6 Pelabuhan Merak yang sudah bisa digunakan kali ini, diharapkan dapat memecah kepadatan saat musim mudik nanti.

Hal tersebut diungkapkan dalam Konferensi Pers Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, usai rapat koordinasi persiapan mudik di Pelabuhan Merak, Minggu 11 Juni 2017.

Fraksi serang

“Saat ini sudah ada dermaga 6 yang bisa difungsikan, ini nantinya akan dikhususkan bagi kendaraan roda dua,” kata Tito.

Fraksi

Adapun alasan penggunaan dermaga 6 untuk kendaraan roda dua, Tito beralasan agar pengendara roda dua ini tidak berhimpitan diantara kendaraan bermotor lainnya yang lebih besar, yaitu bus maupun truk.

Sementara itu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau agar para pemudik yang melakukan perjalanan sangat jauh agar tidak menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini untuk menghindari perjalanan ekstrim yang menyebabkan kecelakaan.

“Saya himbau jangan melakukan perjalanan ekstrim, seperti dari Jawa Timur ke Lampung dengan roda dua. Karena sangat rentan terjadi kecelakaan,” kata Budi.

Disebutkan Budi, berdasarkan data evaluasi Mudik tahun lalu, terjadinya kecelakaan pada kendaraan roda dua mencapai lebih dari 50 persen.

Jika ada program mudik bersama oleh berbagai instansi, Budi menyeru agar memanfaatkan fasilitas tersebut daripada perjalanan dengan menggunakan roda dua. (*)

Gerindra kuswandi