Hadiri Pelantikan RT dan RW se-Kelurahan Cikerai, ini Pesan Walikota Cilegon

 

CILEGON – Walikota Cilegon, Helldy Agustian hadiri acara pelantikan RT dan RW se-Kelurahan Cikerai yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Cikerai, Rabu (12/01/2022).

Dalam sambutannya, Helldy mengatakan acara inj sebagai sarana mengoptimalkan potensi diri.

“Acara ini akan banyak membawa manfaat, tidak hanya sebagai sarana silaturahmi tapi juga menjadi sarana untuk mengoptimalkan potensi diri demi pembangunan masyarakat dan kota Cilegon tercinta,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Helldy mengajak kepada RT dan RW yang dilantik untuk mensyukuri amanah yang diberikan.

“Sebagai warga Cilegon yang terpilih menjadi pengurus RT dan RW, Bapak dan Ibu sepatutnya bersyukur atas amanah yang diberikan dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan di lini yang paling dasar, karena dapat menjadi ujung tombak atau rantai terdekat dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” ujarnya.

“Insyaallah semua kerja keras yang dilakukan oleh Bapak dan Ibu akan dicatat sebagai pahala oleh Allah SWT serta menjadi catatan sejarah perjalanan pembangunan di kota Cilegon,” sambungnya.

Kadin

Helldy menjelaskan RT dan RW merupakan bagian dari Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) yang merupakan mitra kerja pemerintah.

“Tugas dari LKK adalah untuk membantu Lurah dalam pelaksanaan urusan pemerintahan, pembangunan, sosial kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.

“Atas pertimbangan tugas pokok dan fungsi lembaga RT dan RW yang begitu kompleks dan tidak mudah, karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa perkembangan dalam masyarakat bersifat dinamis sehingga dibutuhkan kemampuan untuk adaptif terhadap perubahan, cekatan, inovatif, serta informatif,” lanjut Helldy sembari menjelaskan tugas dan Fungsi LKK.

Pada kesempatan itu, Helldy mengapresiasi tugas dari RT dan RW yang siap melayani masyarakat.

“Kami selaku pengambil kebijakan merasa sangat perlu untuk mengapresiasi seluruh ketua RT dan RW yang tanpa kenal lelah, 24 jam dalam seminggu stand by siap melayani masyarakat, melalui peningkatan tunjangan yang sudah kami laksanakan di bulan kedua kami menjabat sebagai Wali kota dan Wakil Wali kota, yang semula Rp500.000,- dinaikkan 100% menjadi satu juta rupiah, dan yang semula dicairkan per tiga bulan, sekarang alhamdulillah setiap bulan dapat diterima oleh seluruh ketua RT dan RW di kota Cilegon,” jelasnya.

“Ke depan Insya Allah mari kita doakan bersama agar PAD kota Cilegon dapat meningkat sehingga bukan hal yang mustahil jika tunjangan akan lebih besar lagi serta peningkatan kesejahteraan dapat menyentuh seluruh perangkat dan pengurus RT dan RW,” sambungnya lagi.

Di akhir sambutannya, Helldy berharap kinerja RT dan RW dapat ditingkatkan lagi.

“Sejalan dengan upaya kami dalam meningkatkan kesejahteraan Bapak dan Ibu semua, kami mengharapkan agar kinerja Bapak dan Ibu pun dapat lebih ditingkatkan lagi, mengedepankan pemberdayaan masyarakat sosial dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku secara transparan dan bertanggung jawab, dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan berbasis masyarakat agar tepat sasaran, tepat guna dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat,” pungkasnya. (*/Red)

Bank banten