Dprd kanal

Hidupkan Kembali Tradisi, Warga Ciwaduk Gede Cilegon Gelar ‘Sangoan’ Sepanjang 250 Meter

Loading...

 

CILEGON – Warga Lingkungan Ciwaduk Gede, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon menggelar makan bersama atau sangoan sepanjang 250 meter.

Acara makan bersama atau sangoan yang diikuti sekitar 500 warga ini digelar dalam rangka menutup perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78 tahun di Lingkungan Ciwaduk Gede.

Ketua Pelaksana, Afsohullisan mengatakan acara makan bersama atau sangoan ini merupakan ungkapan rasa syukur dan untuk mempererat silaturahmi antar warga Ciwaduk Gede. Terlebih, acara makan bersama atau sangoan ini sudah puluhan tahun tidak diselenggarakan.

“Kita dari panitia Agustusan ini punya rencana seperti ini tujuannya untuk mempererat silaturahmi antar warga Ciwaduk Gede dan untuk memunculkan kembali budaya ini. InsyaAllah bisa terselenggara per setiap tahunnya,” katanya, Sabtu (26/8/2023).

Afsohullisan yang akrab disapa Aaf itu menjelaskan, acara makan bersama itu dinamakan sangoan lantaran warga membawa makanannya masing-masing dari rumah.

Hal ini berbeda dengan istilah bacakan yang notabene proses memasak makanannya hingga dikonsumsi dilakukan secara bersama-sama.

PCM

“Sangoan itu kaya kita bawa makanan masing-masing dari rumah kita, terus kita makan bareng, jadi tuker makanan. Jadi ada warga yang bawa ikan asin, sambal, ayam goreng nah kita bisa saling tukar makanan. Itu bedanya dengan bacakan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 03 Lingkungan Ciwaduk Gede Mahdi Hasbullah mengapresiasi atas terselenggaranya sangoan ini yang diinisiasi oleh para pemuda.

“Alhamdulillah ini kreasi anak-anak muda Ciwaduk Gede. Mudah-mudahan setiap acara ulang tahun apapun mudah-mudahan ini bisa dipertahankan,” ucapnya.

Ia berharap, melalui penyelenggaraan tradisi yang hampir hilang ini dapat kembali memunculkan semangat anak-anak muda dalam memajukan Lingkungan Ciwaduk Gede.

“Harapannya saya selaku pengurus RW berharap anak-anak muda Ciwaduk Gede terus berkarya hal-hal seperti ini. Mudah-mudahan bisa dipertahankan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Hamsati selaku warga setempat mengaku sangat bahagia bisa mengikuti makan bersama atau sangoan ini.

Saking bahagianya, ia sampai menyempatkan membuat nasi tumpeng hanya untuk ikut memeriahkan acara sangoan di momentum HUT RI ke 78 tahun ini.

“Tadi sengaja bawa tumpeng untuk memeriahkan HUT RI ke 78 tahun. Bahagia bisa bersilaturahmi sama masyarakat Ciwaduk Gede, pokoknya bahagia. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih meriah lagi, bisa pada sehat lagi semuanya sampai tahun depan,” pungkasnya. (*/Wan)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien