Kesra Kota Cilegon Susun Buku Panduan Pemandi Jenazah

pcm koperasi

 

CILEGON – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Cilegon tengah menyusun buku panduan pemandi jenazah. Nantinya buku tersebut akan dibagikan kepada para petugas pemandi jenazah di Kota Cilegon sebagai panduan.

Kepala Bagian Kesra Kota Cilegon Rahmatullah menjelaskan, tim penyusun buku berasal dari perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cilegon, penyuluh agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Bagian Kesra.

“Buku ini sekitar 50 halaman berisi panduan, tata cara memandikan jenazah dari awal sampai akhir sesuai ajaran agama Islam. Selain itu juga ada adab-adab takziyah atau menengok keluarga yang sedang berduka dan lain-lain,” kata Aya, Rabu, 10 Juni 2024.

Selain diberikan kepada para pemandi jenazah, kata Aya, buku panduan juga akan diberikan kepada para pelajar sebagai buku pelajaran, terutama di madrasah.

Loading...

“Semua orang kan pasti akan mati sehingga kita mesti menyiapkan regenerasi bagi para pemandi jenazah, termasuk dari kalangan pelajar juga,” paparnya.

Pemberian buku panduan tersebut, kata Aya, merupakan salah satu bentuk pembinaan Kesra Kota Cilegon kepada para pemandi jenazah. Selain dalam bentuk buku, pihaknya juga rutin mengundang para pemandi jenazah untuk diberi pembekalan.

“Sekarang sudah kita data ada sekitar 700 pemandi jenazah se-Kota Cilegon. Alhamdulillah sejak beberapa tahun lalu kita berkolaborasi dengan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Cilegon dan juga program Salira (Sarana dan Prasarana Lingkungan,” jelas Aya.

Dari 700 orang pemandi jenazah se-Kota Cilegon, tambah Aya, sekitar 400 orang sudah dapat insentif dari Baznas sebesar Rp200 ribu per bulan. Sedangkan sisanya dari program Salira, dimana per kelurahan terdapat kuota untuk enam sampai tujuh orang.

“Kalau dapatnya dari Salira itu per orang lebih besar, yakni Rp250 ribu. Memang ini masih kecil, tetapi ke depan mudah-mudahan akan ada peningkatan,” harapnya. (*/Red)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien