Libur Akhir Pekan, Wisata Pulau Merak Kecil di Cilegon Ramai Dikunjungi Wisatawan

pcm koperasi

 

CILEGON – Pulau Merak Kecil atau Mabak merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Bahkan saat ini, bukan hanya penduduk Kota Cilegon saja yang mengetahui dan mengenal destinasi wisata dengan keindahan alam yang menganggumkan itu, penduduk dari luar Kota Cilegon dan luar Banten pun berbondong-bondong datang pada hari libur untuk menikmati wisata Pulau Merak Kecil.

Pulau Merak Kecil terkenal dikarenakan tarif yang cukup terjangkau oleh semua kalangan yaitu hanya dengan Rp17 ribu per orang.

Biaya tersebut terbagi atas biaya kebersihan yang ditentukan oleh Komunitas Anak Pulo yang menunggu dan menjaga serta merawat Pulau Merak Kecil yaitu sebesar Rp 2 ribu per orang, sedangkan biaya Rp 15 ribu per orang adalah biaya naik perahu untuk menyeberang dari dermaga pantai menuju Pulau Merak Kecil.

Kata salah seorang warga setempat, yang juga berprofesi sebagai supir angkot mengatakan, Rp 15 ribu per orang itu diperuntukkan bagi pemilik kapal atau nelayan yang turut mengantar para wisatawan menyebrang sebesar Rp10 ribu per orang sedangkan Rp5 ribu per orang untuk pemilik lahan atau pemilik pantai yang diketahui bernama H. Udin.

“Itu kan yang punya kapal butuh bensin juga, itu mereka warga setempat sini, jadi penghasilan Rp 10 ribu per orang itu buat para nelayan. Sedangkan Rp 5 ribu per orang untuk H. Udin yang ngontrak di sini, atau sebagai pemilik lahan saat ini,” ucap Samsuri saat diwawancarai pada Minggu (9/7/2023).

“Di sini pengunjung banyak yang dari luar mas, mereka naik kereta dari Stasiun Rangkasbitung sampai Stasiun Merak terus saya jemput pakai angkot buat ke pantai Pulau Merak Kecil. Banyak dari mereka yang berasal dari Kota Serang, Kabupaten Serang, dari Jakarta juga ada, banyak lah,” imbuhnya.

Yang menarik dari destinasi wisata Pulau Merak Kecil bukan hanya biayanya saja yang relatif murah, melainkan wisatawan dapat bersantai bersama keluarga sambil menikmati pemandangan laut di sekitar Pulau yang masih bersih dan biru pekat.

Loading...

Di Pulau Merak Kecil ini juga, para wisatawan bisa berkemah bersama keluarga atau teman dengan biaya yang relatif murah. Serta ada juga wahana banana boot, snorkeling dan lain sebagainya.

“Kita dari Komunitas Anak Pulo, menyediakan snorkeling hanya 420 ribu max 5 orang, dan itu juga sudah mendapat pelet untuk makan ikan, dan bisa dapat gratis foto dan video underwater. Disini juga bisa berkemah yaitu satu orangnya Rp 20 ribu untuk orang dewasa dan Rp 10 ribu untuk pelajar, bisa bawa tenda sendiri atau sewa di tempat kami. Ada lagi wahana Banana Boat dan Donat Boat, tapi itu ada lagi pengelolanya, bukan kami,” kata Aldi salah satu anggota Komunitas Anak Pulo.

Lokasi Pulau ini berada dekat dengan pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheuni, dan juga dekat dengan Stasiun Kereta Api Lokal Merak.

BPRS CM tabungan

Rio pengunjung asal Jakarta mengaku cukup puas dengan wisata yang ada di Pulau Merak Kecil. Bukan hanya aksesnya saja yang mudah dan murah, namun wahana serta keindahan di Pulau Merak Kecil membuat hari libur akhir pekan jadi lebih menyenangkan.

“Saya tau ada wisata ini dari tiktok, fyp lah di saya, lalu saya coba kesini, dan enak banget, karena cuma modal sedikit gak sampai melebihi Rp100 ribu per orang, saya bisa menikmati keindahan yang luar biasa ini. Dari Jakarta ke Rangkasbitung aja cuma Rp20 ribu PP (pulang-pergi), kereta api Rp 6 ribu PP, angkot cuma Rp 10 ribu PP, murah lah, worth it banget pokoknya,” tandasnya.

Namun ia menambahkan, bahwa jangan sampai destinasi wisata Pulau Merak Kecil ini ketika nantinya sudah banyak pengunjung, harga-harga semakin menjulang tinggi seperti di daerahnya di Jakarta.

“Kalau di Jakarta Rp 100 ribu cuma dapat nasi goreng di cafe gitu kan di resto. Ya harapannya ke depan jangan sampai harga-harga yang saat ini naik tinggi lah. Karena kita kesini juga melihat harganya yang terjangkau dan keindahan alam yang juga sepadan bahkan lebih dari itu,” pungkas Rio.

Sementara itu, Ayat yang merupakan pria asal Cilegon, mengatakan bahwa Pulau Merak Kecil adalah destinasi wisata yang memiliki potensi bisa ditingkatkan oleh Pemerintah Kota Cilegon.

“Pulau Merak Kecil, wisata yang sangat bagus di Kota Cilegon, suasana yang indah serta bersih, dan menjadi alternatif hiburan bagi warga, dan layak menjadi wisata yang bisa dikembangkan oleh pemerintah setempat,” ujar Ayat yang juga berlibur di Pulau Merak Kecil bersama keluarganya. (*/Hery)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien