Optimalisasikan SP4N LAPOR, Helldy Ingin Kerjasama Pemkot Cilegon dan USAID ERAT Berlanjut

Dprd ied

 

CILEGON –  Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menghadiri pelaksanaan Lokakarya yang digelar oleh United States Agency for International Development (USAID) dan Pemerintah Kota Cilegon dengan tajuk “Optimalisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR) Dalam Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Kota Cilegon” bertempat di Aston Hotel Cilegon, Kamis (29/09/2022).

Kegiatan lokakarya ini dilaksanakan sebagai ajang diseminasi informasi mengenai SP4N LAPOR di Kota Cilegon, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengelolaan SP4N Lapor dalam menindaklanjuti penyelesaian terkait aduan masyarakat. SP4N Lapor sendiri merupakan sebuah platform berskala Nasional yang berfungsi untuk menyalurkan aduan masyarakat kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik pada setiap daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan USAID dalam meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Cilegon.

“Tujuan dari USAID ERAT ini dengan ditunjuknya Kota Cilegon yaitu dalam rangka meningkatkan Pelayanan Publik, sebab saat ini sudah era transparansi oleh karenanya saya sangat mengapresiasi dan terima kasih atas dukungan yang diberikan USAID untuk Pemerintah Kota Cilegon,” katanya.

dprd tangsel

Helldy mengungkapkan dari hasil laporan yang didapat, saat ini Kota Cilegon telah menerima sebanyak 104 pengaduan masyarakat yang tersebar di berbagai Perangkat Daerah.

“Dari laporan yang saya dapatkan, Pemkot Cilegon sudah mendapatkan laporan pengaduan dari masyarakat sebanyak 104, saya minta agar laporan pengaduan ini dapat diumumkan secara transparan supaya cepat direspon oleh perangkat daerah terkait dan agar masyarakat pun tau terkait pengaduan yang sudah direspon dan belum,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Helldy menghimbau kepada perangkat daerah untuk cepat dalam menyelesaikan pengaduan masyarakat.

“Masyarakat berhak untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas, oleh karenanya saya himbau agar perangkat daerah yang terkait dengan pelayanan publik dapat cepat dalam menanggapi pengaduan – pengaduan yang dikeluhkan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Helldy berharap kerjasama antara Pemkot Cilegon dan USAID dapat terus berjalan dan meningkat.

“Saya berharap kerjasama dengan USAID ERAT ini dapat terus dilakukan tidak hanya berhenti sampai disini saja sebab kerjasama ini menimbulkan hal yang positif untuk kemajuan dan perkembangan Kota Cilegon,” pungkasnya. (*/Red)

Golkat ied