Polemik Bawa HP Saat Rapat, Diskominfo Cilegon Tegaskan Berlaku untuk Internal ASN

CILEGON – Pelarangan penggunaan hand phone atau gawai saat rapat oleh Walikota Helldy Agustian hanya diberlakukan untuk rapat internal ASN di lingkungan Pemkot Cilegon. Namun untuk rapat dengan Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) hal tersebut tidak diwajibkan.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik Ahmad Aziz Setia Ade Putra menjelaskan, dalam rapat koordinasi bersama Forkopimda Kota Cilegon pelarangan HP tersebut tidak bisa diberlakukan. Sebab, beberapa pimpinan Forkopimda harus tetap siap siaga jika ada telepon dari para atasannya.

Hal itu disampaikan Aziz untuk mengklarifikasi terkait pemberitaan Walikota Cilegon membawa HP saat rapat evaluasi penanganan Covid-19 dengan Forkopimda dan oganisasi profesi bidang kesehatan, Rabu (3/3/2021).

“Kan tidak mungkin jika pimpinan lainnya harus dilarang untuk penggunaan HP, jika ada telpon dari atasan mereka bagaimana? Maka untuk rapat Forkopimda itu di luar kewenangan Pak Wali (Helldy Agustian-red), sehingga pelarangan penggunaan HP hanya berlaku saat rapat internal saja,” katanya dalam siaran pers, Rabu (3/3/2021) malam.

Aziz menyatakan, adanya pelarangan HP sebelumnya juga hanya berlaku untuk internal, sehingga para kepala OPD bisa benar-benar fokus konsentrasi.

Forbis

“Sebelumnya itu agar semua kepala dinas dan badan bisa konsentrasi penuh saat rapat,” imbuhnya.

Aziz menegaskan bahwa Walikota Cilegon hanya memiliki kewenangan instruksi kepada ASN di Pemkot Cilegon, dan dalam setiap rapat internal semua pihak harus fokus membahas persoalan yang menyangkut hajat rakyat.

“Kalau dengan para OPD, Camat dan Lurah semuanya diberlakukan larangan bawa HP, agar bisa benar-benar fokus dan lebih serius karena yang dibahas adalah program kesejahteraan masyarakat Cilegon, sehubungan dengan hal itu maka para ASN harus konsentrasi selama mengikuti rapat, biasanya 1 sampai 3 jam karena ASN kan mendapat gaji dari uang rakyat. Itu yang ditegaskan Pak Wali kepada kami,” jelas Aziz. (*/A. Laksono)

Ucapan sekda Dan dprd banten
Royal april