Program Kotaku, Kelurahan Sukmajaya Cilegon Jadi Asri dan Cantik

CILEGON – Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, adalah salah satu dari 6 kelurahan di Kota Cilegon yang mendapat bantuan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Dalam Program Kota tanpa Kumuh (Kotaku) tersebut, Kelurahan Sukmajaya mendapat bantuan pemasangan paving blok jalan sepanjang 235,5 M dan drainase sepanjang 140 M.

Pekerjaan yang dilaksanakan oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KSM) berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, ada 2 KSM yang mengerjakan pekerjaan tersebut yakni KSM Zebra yang diketuai oleh Hasyim Hambali, dan KSM Gajah yang diketuai Hamami.

Baca Juga : Kunjungi Rumah Kontrakan yang Kebakaran, Walikota Cilegon Bawa Bantuan

Ketua KSM Zebra Hasyim Hambali mengatakan, untuk pekerjaan pemasangan paving blok itu terbagi dengan 3 termin, termin pertama sudah dilalui selanjutnya termin ke 2 dan 3 juga dilalui dan hasilnya sangat memuaskan.

“Awalnya sebelum ada program Kotaku kampung kami becek dan air comberan meluber kemana – mana tapi setelah ada Program Kotaku kampung kami menjadi bersih dan cantik,” kata Hasyim Hambali yang juga menjabat MPD Pemuda Pancasila Kota Cilegon Senin (18/9/2017).

Loading...

Hal yang sama juga dikatakan Ketua KSM Gajah Hamami, dari pekerjaan yang seharusnya dikerjakan 21 hari, tapi dengan antusiasnya warga dengan gotong-royong pekerjaan itu dapat di selesaikan dengan waktu hanya 2 pekan.

“Alhamdulillah warga Seneja sangat antusias dalam bergotong-royong ini terbukti dalam pekerjaan ini,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Sukmajaya Ade Risky Kurniawan mengatakan, Kelurahan Sukmajaya adalah salah satu kelurahan yang dinilai Kemen PUPR, sebagai Kelurahan kumuh dan mendapat bantuan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dengan pemasangan paving blok dan drainase.

“Alhamdulillah dengan bantuan Kotaku dari Kemenpera di Kelurahan Sukamajaya jalan yang sebelumnya kurang bagus sekarang sudah Indah wargapun sangat senang dengan dibangunya paving dan drainase tersebut,” tukasnya.

Sriyamah, salah seorang warga juga mengaku senang dengan di bangunya paving blok dan drainase di linkungannya.

“Sangat senang kang, anak-anak juga bisa main dengan bebas tanpa khawatir jatuh. Karena sebelum di paving dan drainase di pasang air comberan limbah warga acak – acakan dan baunya juga tapi dengan ada program pemerintah linkungan kami jadi asri dan cantik,” ujarnya. (*)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien