Terkait Eksepsi Hakim Soal Kasus Dugaan Korupsi Pasar Rakyat Grogol, Ini Kata Praktisi Hukum

pcm koperasi

 

CILEGON – Eksepsi para Terdakwa dalam perkara dugaan kasus korupsi pembangunan Pasar Rakyat Kecamatan Grogol, Kota Cilegon yang dikabulkan Majelis Hakim tipikor PN serang lantaran dakwaan JPU dianggap tidak cermat dan lengkap, bukanlah proses akhir dari penegakkan hukum dalam perkara tersebut.

Sehingga, para terdakwa jangan terlalu euforia atas putusan tersebut, mengingat masih administrasi awal dan belum masuk pada pokok perkara.

“JPU bisa memperbaiki atau menyempurnakan dakwaan sebagaimana evaluasi putusan sela majelis Hakim, agar ketika diajukan kembali dapat menjelaskan secara lengkap dan cermat peristiwa pidana yang diduga dilakukan oleh Para Terdakwa.” ujar Bahtiar Rifa’i, praktisi Hukum Cilegon, Kamis (26/10/2023).

Loading...

Bahtiar juga mengatakan, JPU mesti memperhatikan Putusan MK No. 28/PUU-XX/2022 tanggal 31 Oktober 2022 yang menyatakan, tafsir putusan sela yg menyatakan dakwaan JPU batal demi hukum sebagaimana Pasal 143 ayat 3 KUHAP karena tidak mampu menguraikan secara jelas lengkap dan cermat atas peristiwa pidana yang dituduhkan kepada Terdakwa, itu dapat diajukan hanya sekali lagi saja.

“Sehingga ketika terjadi putusan sama, di pengajuan kedua maka sudah selesailah perkara pidana yang dituduhkan.” terangnya.

Bahtiar menyebut, langkah hukum saat ini yang ditempuh oleh JPU, melakukan perlawanan ke Pengadilan Tinggi Banten, dinilai sudah tepat sepanjang JPU masih yakin dakwaannya sudah sesuai dengan Pasal 143 ayat 2 huruf b, yakni sudah menguraikan peristiwa pidana yg dituduhkan pada para terdakwa secara lengkap, jelas dan cermat.

Sebelumnya, Majelis Hakim berpendapat jika dakwaan JPU tidaklah cermat atau obscuur libel sehingga dakwaan tidak dapat dijadikan dasar pemeriksaan dalam persidangan. Tak ayal ke tiga terdakwa dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Grogol Cilegon yang merugikan keuangan negara sebesar Rp966.707.119 juta dinyatakan batal demi hukum. (*/Wan)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien