Tingkatkan Minat Literasi Pelajar, PK PII MAN 2 Kota Cilegon Akan Gelar Kelas Menulis

Loading...

 

CILEGON – Departemen Kursus pada Bidang Kaderisasi Pengurus Komisariat (PK) Pelajar Islam Indonesia (PII) MAN 2 Kota Cilegon telah mengumumkan inisiatif terbarunya untuk meningkatkan minat literasi di kalangan pelajar SMP dan SMA dengan meluncurkan program Kelas Menulis.

Tujuan dari program ini adalah membimbing para pelajar agar mampu menulis buku, mencipta karya tulis mereka sendiri, dan menghasilkan karya tulis yang berbentuk buku.

Deswita Belfayanti sebagai Kepala Departemen Kursus PK PII MAN 2 Kota Cilegon, yang merupakan tokoh utama di balik program ini, menyatakan komitmennya dalam memajukan literasi pelajar.

“Kelas Menulis merupakan langkah nyata kami dalam meningkatkan minat literasi di kalangan pelajar. Kami ingin melihat mereka bukan hanya sebagai konsumen, tetapi juga sebagai produsen pengetahuan. Awalnya dari hobby saya menulis cerpen, saya ingin para pelajar lain juga bisa mencintai literasi,” kata Deswita saat diwawancarai pada Minggu (24/9/2023).

Dalam kelas ini, peserta akan diajar berbagai teknik menulis, termasuk cara merencanakan, menulis, mengedit, dan menerbitkan karya tulis mereka.

PCM

“Program ini akan memberikan panduan bagi mereka yang bercita-cita menjadi penulis atau ingin menyampaikan pemikiran mereka melalui kata-kata,” tutur siswi kelas 10 itu.

Kelas Menulis ini akan melibatkan para pelajar dari berbagai sekolah, baik SMA maupun SMP, dan akan mempertimbangkan tingkat usia serta kemampuan masing-masing peserta. Dalam proses pembelajaran.

Ketua I Bidang Kaderisasi PK PII MAN 2 Kota Cilegon, Didi Mufrodi, menjelaskan maksud mendalam dari program ini.

“Kami ingin melahirkan generasi pelajar yang bukan hanya pandai dalam pelajaran akademis, tetapi juga mampu berpikir kritis, berbicara melalui tulisan, dan menyumbangkan pemikiran mereka kepada masyarakat. Literasi adalah kunci bagi kemajuan individu dan bangsa,” ujar Didi.

Sementara itu, Ketua Umum PK PII MAN 2 Kota Cilegon, Sultan Konok Samudra Kapoor menambahkan bahwa Program Kelas Menulis ini diharapkan akan menjadi langkah awal untuk menginspirasi pelajar SMA dan SMP di Kota Cilegon untuk mengejar minat literasi mereka dan mengembangkan potensi menulis mereka.

“Dengan didukung oleh para narasumber yang berkompeten dalam bidang literasi dan nanti akan membimbing para peserta, program ini berpotensi menjadi batu loncatan menuju peningkatan minat literasi yang signifikan di kalangan pelajar,” harap Sultan. (*/Hery)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien