Tuntaskan Persoalan Air Bersih, Lurah Gerem Cilegon Kembali Pasang Sumur Bor di Cupas Wetan

 

CILEGON – Pemerintah Kelurahan Gerem kembali memberikan fasilitas sarana air bersih untuk warga Lingkungan Cupas Wetan, Kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol, Rabu (12/6/2024).

Pemberian sarana air bersih itu untuk mencukupi kebutuhan bagi 150 KK warga Cupas dimana selama berpuluh tahun persoalan tersebut sulit teratasi.

Lurah Kelurahan Gerem Rahmadi Ramidin mengatakan, sebenarnya, akses pelayanan air bersih dari Pemerintah Kota Cilegon untuk warga Cupas Wetan sudah ada.

“Sehubungan kurang tercukupinya kebutuhan air bersih untuk Warga Cupas, akhirnya, Pemerintah Kelurahan Gerem melakukan terobosan dengan menggandeng PT Pertamina Fuel Tanjung Gerem Patra untuk membuat sumur bor tambahan,” ujarnya.

Rahmadi menerangkan, terdapat 16 kampung yang masih kekurangan akses air bersih. 11 titik sudah dilakukan pengeboran, sementara sisanya akan dibangun pada tahun ini tentunya dengan menggandeng industri yang ada di wilayahnya.

Loading...

“Kebutuhan air bersih untuk masyarakat Cupas Wetan masih kurang. Dengan jumlah 150 KK, maka ketersediaan sarana air bersih perlu ditambahkan. Karena itu Pemerintah Kelurahan Gerem bekerjasama dengan PT Pertamina Tanjung Gerem membangun satu titik sumur bor tambahan,” ujar Rahmadi.

“Alhamdulillah permohonan kami terkait pemenuhan akses air bersih untuk warga Cupas Kulon bisa direalisasikan PT Pertamina Tanjung Gerem. Lokasi Cupas kulon ini, adalah pembangunan pertama di tahun 2024 ini,” tambah Rahmadi.

Perlu diketahui, selama dua tahun menjabat, Rahmadi mampu menyelesaikan 11 titik sumur bor dari 16 titik yang ada. Sebelumnya, persoalan air bersih diwilayahnya berpuluh tahun tidak teratasi. Dengan kegigihannya, pelayanan dasar atas kebutuhan air bersih mampu Rahmadi atasi.

Muhamad Fikri Setiawan, Humas PT Pertamina Niaga Tanjung Gerem mengatakan, penyediaan sarana air bersih berupa sumur bor itu merupakan program dari Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT Pertamina Tanjung Gerem.

Pada tahun ini, Pertamina bersama Pemerintah Gerem berencana akan membangun tiga titik. Dengan diberikannya sumur bor ini, diharapkan, tidak ada lagi warga Cupas Wetan yang kekurangan air bersih.

“Pemuatan sumur bor ini, adalah program TJSL dari perusahaan kami, yaitu PT Pertamina Fuel Tanjung Gerem. Kami bersama Pemerintah Kelurahan Gerem bersepakat bekerjasama membuat fasilitas sarana air bersih untuk memenuhi ketercukupan air bersih untuk warga,” tutupnya. (*/Wan)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien