UNIVAL Gelar Program 72 Jam di Masjid dalam Pengenalan Mahasiswa Baru

CILEGON – Universitas Al-Khairiyah menyelenggarakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru atau biasa disebut ta’aruf di tahun ajaran 2021/2022 selama lima hari, yang berlangsung dari tanggal 27 Agustus – 4 September 2021.

Kegiatan ini merupakan upaya penyambutan dan pembekalan mahasiswa baru UI sebelum memulai perkuliahan. Wakil Rektor I, Rafiudin menerangkan kegiatan ta’aruf tahun 2021 ini diikuti oleh lebih dari 600 mahasiswa baru jenjang S1 yang terdiri dari empat fakultas dan mengusung terobosan program terbaru yaitu 72 jam mahasiswa baru dalam masjid.

“Universitas kita tentunya beda dengan yang lain, terdapat pesantren yang memiliki SDM di bidang keagamaan, untuk mensinergikan antara pesantren dan Universitas kita adakan kajian keagamaan, semata mata untuk menyiapkan mental mereka ketika duduk di bangku perkuliahan,” katanya kepada Fakta Banten, Jumat (10/9/2021).

Ia juga menerangkan rangkaian kegiatan ta’aruf tersebut diantaranya menghidupkan sunnah rasul dengan melaksanakan berbagai shalat sunnah, pembekalan peningkatan kualitas iman generasi akademis dan mahasiswa, mempraktikan keseharian Rasulullah, cara tidur, cara makan, cara minum dan cara masuk masjid, pengenalan kampus dan civitas akademik, penghijauan taman kampus, pembekalan materi Kepemimpinan dan ke Al-Khairiyahan, pengenalan ormas di Al-Khairiyah serta diskusi wawasan kebangsaan dan wawasan Keislaman.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPW HPA Provinsi Banten, Ahmad Munji mengatakan, pengenalan mahasiswa pada tahun ini memiliki terobosan baru dengan berbagai rangkaian kegiatan baik keagamaan sampai lingkungan.

“Menariknya dalam ta’aruf ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengenal badan otonom yang ada di Al-khairiyah, mereka bukan hanya belajar di kampus saja, tapi juga ikut andil dalam membesarkan Al-khairiyah, bisa mengembangkan diri di dalamnya melalui badan otonom yang suatu saat bisa diikuti.” Katanya

Untuk diketahui, Al-Khairiyah memiliki badan otonom di antaranya DPD AK, Himpunan Pemuda Al-Khairiyah (HPA), Garda Al-Khairiyah, Himpunan Wanita Al-Khairiyah (HAWA), Gerakan Mahasiswa Al-Khairiyah (GEMMA) serta Brigade Al-Khairiyah. (*/Ihsan)

Demokrat
Royal Juli