Ks pwi

Disperindag Banten Nilai Kenaikan Harga Bahan Pokok Masih Normal di Awal Ramadhan

SERANG – Meski harga barang kebutuhan pokok di pasaran sudah merangkak naik untuk beberapa komoditas seperti daging dan telur ayam serta bawang putih dan daging sapi segar di Bulan Ramadhan seperti sekarang ini.

Namun hal tersebut belum pada tingkat mengkhawatirkan mengingat kenaikan harga-harga masih diambang normal

Hasil pantauan berkala yang dilakukan Dinas Perindustrianian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten di pasaran, harga bahan kebutuhan pokok saat ini telah mengalami kenaikan seperti pada komoditas daging dan telur ayam serta daging sapi.

“Setiap hari kita pantau harga kebutuhan pokok dari beberapa pasar di 8 Kabupaten Kota, karena permintaan tinggi ada kenaikan harga tapi tidak signifikan,” ujar Kadisperindag Provinsi Banten, Babar Suwarso kepada awak media, Selasa (30/5/2017).

Maulid

Bukan saja masalah kenaikan harga, yang menjadi fokus Disperindag Banten di setiap momen Ramadhan seperti sekarang ini namun juga terkait ketersediaan barang.

“Yang kita khawatirkan kalau kenaikan harga signifikan dan stok kosong,” ujarnya menambahkan.

Mengatasi hal tersebut Disperindag Banten telah berkoordinasi dengan Bulog dan Dinas Pertanian serta pedagang-pedagang besar untuk menjamin stok ketersediaan barang-barang kebutuhan pokok tersebut.

“Sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait terutama Bulog dan beberapa pedagang besar untuk menggelontorkan stoknya,” katanya.

Saat ini harga beberapa komoditas seperti daging sapi segar masih dihargai​ di pasaran sebesar Rp 120 ribu, daging ayam Rp 33 Ribu dan bawang putih Rp 60 ribu. (*)