Untuk Petani di Cilegon, Begini Cara Menggunakan Kartu Tani

CILEGON – Para petani di Kecamatan Pulomerak tidak usah binggung jika ingin membeli pupuk dengan harga terjangkau karena saat ini Kementrian pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon telah menyalurkan Kartu Tani kepada Petani.

“Ya, Kang, para Petani di Kecamatan mendapatkan kartu tani,” ujar Sarbini Penyuluh Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian di sela sela pendiatribusian kartu tani yang digelar di Aula Kecamatan Pulomerak, Jum’at (29/1/2021).

Jumlah penerima kartu tani di Kecamatan Pulomerak lanjutnya itu baru dua Kelurahan yakni Kelurahan Lebak Gede dan Kelurahan Mekarsari.

MTQ Pemkot

“Untuk Kelurahan Lebak Gede berjumlah 115 orang dan Kelurahan Mekarsari 24 orang petani jadi jumlahnya 139 orang petani,” terangnya.

Sarbini menjelaskan Kartu tani merupakan sarana akses layanan perbankan yang terintegrasi (simpanan, penyaluran pinjaman), juga berfungsi sebagai kartu subsidi. Kartu tani diperlukan petani untuk membantu produksi pertaniannya pada komoditas padi dan jagung.

Sarbini menjelaskan lagi cara menggunakan kartu tani itu sangat mudah, petani tinggal membawa kartu tani datang ke kios yang ditunjuk.

“Kartu tani digesek pada mesin EDC di kios pengecer pupuk bersubsidi. Masukan nomor PIN yang baru. Mesin EDC menampilkan informasi data alokasi pupuk dan data petani.

“Lakukan pembelian pupuk sesuai kebutuhan. Adapun jatah pupuk subsidi persatu petani itu aloasinya tergantung luas lahan yakni hanya 12,5 Kg per 1.000 meter²,” pungkasnya. (*/Red)

Adam