Walikota Cilegon Nilai Posyandu Berperan Tingkatkan Kesejahteraan

 

CILEGON – Walikota Cilegon Helldy Agustian menilai bahwa Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) memiliki peranan sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan kesehatan berkualitas.

Hal itu disampaikan Helldy saat meresmikan Posyandu Anak Sehat Rajin Ibadah (Asri) dan Taman Bermain di Lingkungan Palm Hills Estate (PHE) RW 10 dan 07, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta, Sabtu 15 Juli 2023.

Posyandu dan Taman Bermain tersebut merupakan bagian dari implementasi program Sarana dan Prasarana Lingkungan Rukun Warga (Salira) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dengan nilai bantuan Rp100 juta setiap RW pertahun.

“Posyandu itu bukan hanya sekadar tempat untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan kesehatan saja, tapi juga digunakan sebagai sarana edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, dengan adanya Posyandu juga masyarakat dapat memperoleh akses yang mudah dan terjangkau terhadap pelayanan kesehatan,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

Dijelaskan Helldy, program Salira merupakan salah satu program pembangunan di Kota Cilegon yang tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan di Kota Cilegon ini kita mulai dengan fokus pada tingkat RW terlebih dahulu melalui program Salira. Dimana, tiap – tiap RW di Kota Cilegon ini mendapatkan dana pembangunan sebesar Rp 100 juta yang dapat digunakan untuk membangun Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni), Posyandu dan sarana prasarana lainnya. Tujuannya itu untuk kepentingan masyarakat,” jelas.

Kartini dprd serang

Dalam hal ini, Helldy berharap, Posyandu dapat dirawat dan dijaga dengan baik.

“Bagi masyarakat Palm Hills ini saya minta agar bisa bersama – sama menjaga dan merawat Posyandu ASRI ini dengan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab. Semoga setelah diresmikan, Posyandu ini bisa memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pokmas Kelurahan Kota Bumi Ahmad Muslim mengungkapkan bahwa Program salira merupakan salah satu program yang memiliki nilai manfaat bagi masyarakat.

Dimana, program Salira menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur yang mencakup Paving Blok, Drainase, Jambanisasi, Taman Bermain Anak, Cilegon Caang dan Posyandu.

“Dalam program Salira itu terdapat beberapa item kegiatan pembangunan infrastruktur Paving Blok, Drainase, Jambanisasi, Taman Bermain Anak, Cilegon Caang dan Posyandu. Tentu pembangun tersebut memiliki nilai manfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Ahmad menjelaskan, Pokmas Kotabumi telah menjalankan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya pembangunan Drainase, Caang dan Taman Bermain.

“Pada tahun 2022, kami sudah banyak melakukan pembangunan untuk masyarakat diantaranya Caang yang berada di RW 10, Pembangunan Gapura, Rehab Masjid dan Mushola. Pada tahun 2023 ini kami akan membangun 8 kegiatan. Termin pertama kami sudah melaksanakan kegiatan pembangunan Drainase dan Taman Bermain, dan untuk termin dua kita tengah membangun TPT dan Paving Blok,” jelasnya. (*/Red)

Polda