Warga Warnasari Keluhkan Pembangunan Jalan yang Timbulkan Debu Semen

CILEGON – Pembangunan dan peningkatan Jalan Warnasari-Industri dikeluhkan oleh warga Link. Kubang Menyawak, Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon.

Pasalnya proyek pengerjaan betonisasi tersebut menimbulkan debu semen dari bantalan elsie yang mengepul, hingga masuk ke rumah-rumah warga.

Selain itu warga juga mengancam akan menghentikan mobil mixer beton yang masuk ke wilayahnya, jika pihak kontraktor pelaksana tidak kunjung menyiram jalan sebelum melanjutkan pekerjaan pengecoran lapis/rigit beton.

“Kalau tidak disiram dulu akan kita palang jalannya biar mobil molen (mixer) nya tidak bisa masuk. Sebab akibat mobil molen debunya mengepul terbang sampai masuk ke kamar,” keluh Fatur, tokoh pemuda setempat kepada Fakta Banten, Rabu Sore (9/8/2017).

Lebih lanjut Fatur juga mengatakan, warga bukan ingin menghambat pembangunan, tapi pembangunan harus dikerjakan jangan sampai mengganggu warga.

“Saya tidak minta apa-apa dari proyek itu, cuma minta jalan disiram saat akan ngecor biar tidak berdebu. Itu saja,” tersebut.

Hal senada juga diungkapkan warga lainnya, Dirman.

“Akibat debu semen itu saya sampe batuk sengek kang, apalagi disini banyak anak-anak. Apa ruginya sih nyiram,” ungkapnya.

Sementara Iwan, mandor proyek senilai Rp 2.468.025.000 dari yang bersumber dari APBD Kota Cilegon ini mengatakan, kalau pihaknya sudah kontrak dengan perusahaan mobil tangki air untuk penyiraman jalan, namun karena alasan teknis proses penyiraman baru bisa dilakukan besok.

“Kebetulan untuk penyiraman jalan kita sudah kontrak dengan perusahaan air tangki kang, tapi karena sekarang mobil tangkinya sedang ke Merak, paling besok baru kita siram,”ujar Iwan.

Namun saat disinggung bahwasanya pengecoran yang akan dilakukan pihaknya malam ini sementara tuntutan warga adalah penyiraman pada saat sebelum pengecoran agar tidak kena dampak debu. Iwan berjanji akan mengupayakan menyiram jalan dengan air dari mobil mixer beton.

“Gimana ya, untuk sementara paling nanti sebelum ngecor kita pakai air dari mobil mixer dulu untuk nyiram. Lagian cuma sedikit ajakan jalan yang disiram karena sebelah sana yang akan dicor sudah dilapis plastik,” pungkasnya. (*)