2 Caleg Petahana Gugur, Kursi DPR RI Dapil Banten II Didominasi Wajah Baru

BPRS CM tabungan

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024, Minggu, (10/3/2024) lalu.

Hasilnya, banyak kejutan yang terjadi usai gelaran pesat demokrasi tersebut. Mulai dari Caleg petahan yang gugur hingga kursi-kursi diisi oleh para pendatang baru.

Seperti halnya untuk Pileg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Banten II yang meliputi Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon.

Di Dapil tersebut, ada dua Caleg petahana yang tumbang pada Pemilu 2024. Padahal, keduanya merupakan politisi senior yang berpengalaman menghadapi Pemilu.

Caleg petahan itu adalah Wakil Ketua MPR RI sekaligus Waketum PAN Yandri Susanto dan politikus Demokrat Nuraeni.

Berdasarkan formulir D Hasil tingkat provinsi, Yandri kalah dari pesaing internalnya Edison Sitorus yang meraup 113.815 suara. Sementara dirinya hanya mendapatkan 96.334 suara.

Beda dengan Yandri, Nuraeni kalah lantaran partainya kalah saat perebutan kursi terakhir dengan PDIP. Perolehan suara Demokrat tidak bisa mempertahankan kursi di Dapil Banten II.

Selain dua Caleg petahan yang gugur di Dapil tersebut, ada juga wajah-wajah baru yang dipastikan lolos ke senayan dari Dapil Banten II.

Mereka adalah Furtasan Ali Yusuf dari NasDem dengan raihan 144.953 suara, diikuti Annisa M.A Mahesa dari Gerindra 122.469 suara, Edison Sitorus dari PAN dengan 113.815 suara dan Syarifah Ainun Jariyah dari PDIP dengan perolehan 83.565 suara.

Adapun wajah lama yang kembali lolos di Dapil Banten II adalah Jazuli Juwaini dari PKS dengan raihan 82.687 suara, dan TB. Haerul Jaman dari Partai Golkar dengan 81.687 suara. (*/Faqih)

KPU Pdg Coklit
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien