Bapenda Banten Launching Loket Khusus Layanan Samsat Non Tunai di UPTD PPD Serpong

 

TANGERANG – Dalam rangka mendukung Elektronifikasi Transaksi Perangkat Daerah (ETPD) dan upaya meningkatkan layanan kepada warga Banten, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Metro Jaya, PT. Jasa Raharja, dan Stake holder membuka Layanan Loket Samsat Non Tunai di UPTD PPD Serpong, Tangsel, Senin (20/11/2023) kemarin.

Plt. Kepala Badan Bapenda Provinsi Banten, Deni Hermawan mengatakan, pihaknya akan menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat, khususnya para wajib pajak. Deni berharap, adanya loket khusus layanan samsat non tunai tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang dapat berdampak secara langsung pada penerimaan pendapatan daerah Provinsi Banten.

“Tentu kita menyampaikan terima kasih kepada Kepala PT. Jasa Raharja Perwakilan Tangerang dan Kanit Samsat Serpong yang hari ini turut serta menghadiri launching Loket Layanan Samsat Non Tunai,” ujar Deni.

“Ini juga sebagai upaya optimalisasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten. Harapan kami dengan adanya sistem ini transaksi pembayaran dapat lebih efisien dan cepat,” tambah Deni.

Dikatakan Deni, pembayar pajak dengan melakukan pengisian e-form secara mandiri dan melalui aplikasi Sambat, Signal dan Samsat Ceria, dengan menempelkan QR Code pada mesin yang tersedia. Akan ada verifikasi data diri dan kendaraan dengan petugas di tempat.

“Karena kami juga ingin mengurangi resiko salah hitung, uang palsu atau bahaya di luar sana saat membawa uang, dan kedepannya kami akan membuka layanan loket samsat non tunai secara keseluruhan pada Wilayah Polda Metro Jaya dan Wilayah Polda Banten ” kata Deni. (Adv)