Dprd kanal

Bulan Vitamin A, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Berikan Balita Vitamin A

Loading...

 

SERANG – Penjabat (Pj) Gubernur Banten bersama Finalis Puteri Indonesia 2024 Latisa Maura memberikan tablet Vitamin A kepada Bayi di Bawah Lima Tahun (Balita) di Posyandu Lumba-lumba Lingkungan Baru Bugis Kelurahan Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang, Minggu (18/2/2024). Vitamin A diberikan dalam rangka meningkatkan tumbuh kembang Balita.

“Pemberian Vitamin A dalam rangka mencegah terjadinya stunting,” kata Al Muktabar.

Al Muktabar memberikan Vitamin A dalam kesempatan pertama. Selanjutnya diikuti Latisa Maura.

Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar juga melakukan penimbangan berat badan balita. Selain itu, menyerahkan bantuan makanan tambahan berupa susu dan telur rebus.

Bahkan, Al Muktabar mengajak semua anak-anak balita konsumsi bersama-sama telur rebus dan susu. Tak lupa, sebelum konsumsi telur rebus dan susu, Al Muktabar membacakan Doa sebelum makan.

PCM

Vitamin A adalah salah satu zat gizi esensial yang dibutuhkan balita untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Vitamin A dalam tubuh menstimulasi produksi sel darah putih yang berperan dalam pembentukan tulang, menjaga dan mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Suplementasi vitamin A dilakukan pada bayi, balita, dan ibu nifas. Pemberian vitamin A dalam bentuk kapsul vitamin A biru 100.000 IU (international unit) untuk bayi 6-11 bulan dan kapsul vitamin A merah 200.000 IU untuk balita 12-59 bulan serta ibu nifas. Pemberian vitamin A dapat dilakukan di Posyandu ataupun fasilitas pelayanan kesehatan lain pada bulan Februari dan Agustus.

Wakil Ketua Posyandu Lumba-lumba Nasdiati kepada Al Muktabar melaporkan, di wilayah kerja Posyandu Lumba-lumba terdapat 20 orang balita.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis pekan pertama setiap bulannya. Kegiatan yang dilaksanakan berupa penimbangan berat balita, pemeriksaan kesehatan, dan penyuluhan.

Selain itu, dilaksanakan pula pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil, berupa puding, telur puyuh atau bubur kacang. (*/ADV)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien