Catatan Pemilu Jadi Pijakan Pilkada di Banten

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten memiliki sejumlah catata usai Pemilu 2024 digelar. Catatan tersebut akan dijadikan pijakan untuk perhelatan Pilkada 2024.

KPU Banten kini tengah fokus dalam membahas Pilkada di Banten yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Sejumlah catatan pelaksanaan Pemilu 2024 turut jadi perhatian KPU dalam menyusun tahapan Pilkada di Banten 2024.

“Prinsipnya untuk dijadikan perbaikan di Pilkada 2024, saya kira pertama kaitan dengan persoalan pengelolaan logistik, pemutahiran daftar pemilih, termasuk juga masalah persoalan yang berkaitan dengan teknis ataupun Standar of Presedur (SOP) pemungutan suara,” kata Anggota KPU Banten Ahmad Suja’i, pada Minggu, (31/3/2024).

Mrnurutnya, SOP pemunggutan suara perlu diperhatikan dan diperbaiki lantaran pelaksanaan Pemilu terdapat beberapa Tempat Pemunggutan Suara (TPS) yang melakukan Pemunggutan Suara Ulang (PSU).

Hal itu kata dia di antaranya dikarenakan ada kekeliruan petugas Kelompok Penyelenggara Pemunggutan Suara (KPPS) dalam menerapkan SOP.

“Seperti misalkan orang yang bukan warga setempat tetapi oleh KPPS itu diproses, dan dimasukan kedalam data pemilih tambahan. Namun pada prinsipnya kita ingin memastikan Pilkada Banten nanti dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya. (*/Faqih)

Polda