Daftar Caleg Mantan Kepala Daerah Tumbang di Pileg DPR RI Dapil Banten

DPRD Pandeglang Adhyaksa

SERANG – Rekapitulasi suara Pileg 2024 untuk DPR RI di tiga daerah pemilihan (Dapil) Banten telah dirampungkan KPU Banten di tingkat provinsi. Hasilnya, ada sejumlah Caleg mantan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang gagal lolos ke senayan.

Untuk DPR RI Dapil Banten I yang mencakup Kabupaten Pandeglang dan Lebak, setidaknya ada dua mantan kepala daerah yang tumbang di Pileg 2024. Mereka adalah Raden Achmad Dimyati Natakusumah dari PKS dan Iti Octavia Jayabaya dari Partai Demokrat.

Dimyati tercatat sebagai mantan Bupati Pandeglang priode 2000-2005 dan 2005-2009. Suara partainya dipastikan tidak akan mendapatkan kursi berdasarkan perolehan suara pada formulir D Hasil tingkat provinsi.

Nasib yang sama juga dialami Iti Octavia. Mantan Bupati Lebak dengan jabatan dua kali priode ini juga gagal lolos ke DPR setelah suaranya di bawah pesaing internalnya Rizki Aulia Rahman Natakusumah.

Selanjutnya, untuk Dapil Banten II yang meliputi Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon, juga terdapat dua Caleg mantan kepala dan wakil kepala daerah yang tumbang di Pileg DPR RI.

Pertama ada mantan Walikota Cilegon Edi Ariadi yang gagal lolos ke DPR. Edi yang maju dari Partai NasDem harus menerima kekalahan dari pesaing internalnya yakni Furtasan Ali Yusuf.

Kemudian ada mantan Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin yang maju dari PPP. Partai tersebut diketahui dipastikan tidak mendapatkan kursi untuk DPR RI Dapil Banten II berdasarkan formulir D Hasil tingkat provinsi.

Sementara itu, untuk DPR RI Dapil Banten III yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangsel, tercatat tak ada mantan kepala daerah yang tumbang di Pileg 2024. (*/Faqih)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien