Harganas, BKKBN Banten Ajak Masyarakat Tingkatkan Peran Keluarga dalam Pola Asuh Anak

DPRD Cilegon Idul Adha

SERANG– Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten menggelar seminar sebagai bentuk sosialisasi program BKKBN untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera, Kamis (18/7/2019), bertempat di salah satu hotel di Kota Serang.

Seminar yang bertajuk “Menjadi Orang Tua Hebat dengan Optimalisasi Peran Pengasuh Ayah dalam Keluarga” tersebut turut dihadiri oleh TP PKK Provinsi Banten, TP PKK Kota Serang, Walikota Serang serta tamu undangan lainnya.

Kepala Bidang Pembangunan Keluarga BKKBN Provinsi Banten, Nafis mengatakan bahwa acara yang digagas oleh pihaknya tersebut dapat dijadikan sebagai pemacu bagi seluruh keluarga di Banten agar dapat terus berupaya meningkatkan ketahanan serta menghasilkan generasi yang berkualitas.

DPRD Pandeglang Kurban

“Peringatan Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara,” ucapnya.

Nafis pun melanjutkan, bahwa peringatan Harganas lebih mengedepankan keikutsertaan keluarga dalam mencerminkan penerapan 4 pendekatan ketahanan keluarga yakni keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, serta keluarga peduli dan berbagi.

Gerindra Banten Idul Adha

Selain itu, Nafis pun menerangkan program 1821 yang digagas oleh pihaknya untuk diterapkan di masing-masing keluarga agar digunakan untuk berdiskusi sehingga lebih meningkatkan interaksi antar anggota keluarga.

Kpu

“Gerakan 1821 ini dimaksud, mulai pukul 6 sore sampai pukul 9 malam diinfokan agar anggota keluarga secara bersama-sama melakukan aktivitas, misal shalat, mengaji, makan malam bersama kemudian berdiskusi bersama,” ungkapnya.

Ditemui di tempat yang sama, Walikota Serang, Syafrudin mengatakan bahwa peringatan Harganas merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah terhadap pembangunan keluarga dalam mensukseskan pelaksanaan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Momentum ini merupakan salah satu wujud penghargaan pemerintah kepada keluarga serta para pendukung program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga dalam upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas sebagai modal mencapai visi dan misi (khususnya) di Kota Serang yakni terwujudnya kota peradaban yang berdaya dan berbudaya,” ungkapnya.

Selain itu, Syafrudin juga berharap peringatan Harganas bisa berjalan dengan baik, serta memberikan manfaat bagi pembangunan di Kota Serang.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Ade Jumaiyah Syafrudin menambahkan bahwa agenda puncak peringatan Harganas di Kota Serang akan berlanjut di tanggal 20 Juli 2019 mendatang dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Tanggal 20 Juli 2019 akan diselenggarakan jalan santai keluarga, yang juga merupakan acara puncak peringatan Harganas tingkat Provinsi Banten dan Kota Serang 2019,” tandasnya. (*/Qih)

Golkar Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien