Industri Banyak Pengangguran Tinggi, Politisi Golkar Minta Pemprov Banten Lakukan Ini 

Loading...

 

SERANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten merilis Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) periode Agustus 2023. Hasilnya, TPT Banten pada periode Agustus 2023 sebesar 7,52 persen.

Angka tersebut membuat Banten menjadi provinsi dengan TPT tertinggi se-Indonesia. Setidaknya ada sebanyak 448 ribu warga Banten yang tercatat masih pengangguran.

Menanggapi hal itu, Politisi Golkar sekaligus Anggota DPRD Banten, Fitron Nur Ikhsan menyebut, jika Banten merupakan provinsi dengan jumlah industri cukup besar, namun kurangnya serapan tenaga kerja lokal.

“Banten menjadi daerah yang memiliki magnet urbanisasi cukup kuat. Jadi angkatan kerja lokal tentu sangat kompetitif dengan pencari kerja urban,” ujarnya, pada Kamis, (9/11/2023).

PCM

“Kami pernah berupya memproteksi dengan Perda. Agar ada jaminan 30 persen industri merekrut warga lokal. Namun upaya tersebut gagal mengingat regulasi yang tidak membolehkan,” sambungnya.

Fitron meminta agar Pemprov Banten menyusun program penurunan angka pengangguran, dengan menitik beratkan pada pembukaan lapangan kerja baru di tingkat UMKM.

“Kami mengimbau pemprov melakukan redefinisi program penurunan angka pengangguran,” terangnya.

Langkah tersebut kata dia, dapat memicu tumbuhnya usaha mikro. Sehingga dapat mencetak para entrepreneurship.

“SMK-SMK mengarahkan alumninya tidak hanya berebut pasar kerja tapi membangun mindset penciptaan lapangan usaha baru di sektor mikro,” jelasnya. (*/Faqih)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien