Kunjungi DPRD Banten, Siswa SMP Nahdlatul Wathan Simulasi Belajar Jadi Anggota Dewan

SERANG – Ketua DPRD Banten, Andra Soni menerima kunjungan ilmiah atau studi banding dari SMP Nahdlatul Wathan, Pondok Pesantren Modern Nurul Haramain Bogor di Ruang Rapat Paripurna DPRD Banten, Curug, Kota Serang, Rabu (24/3/2021).

Pantauan Fakta Banten, para siswa-siswi SMP itu duduk seperti para wakil rakyat. Bak anggota dewan, mereka simulasi belajar mekanisme sidang yang sesungguhnya dilakukan oleh DPRD pada umumnya.

Silih berganti para siswa-siswi mengajukan interupsi kepada Ketua DPRD Banten. Mereka menanyakan banyak hal terkait apa sebenarnya peran dan fungsi lembaga legislatif itu.

Kadin

Kepala SMP Nahdlatul Wathan, Yudi Hermawan mengatakan, tujuan dari kunjungan ini merupakan salah satu pembelajaran untuk memperkenalkan anak didiknya terkait dengan fungsi daripada DPRD yang sebenarnya.

“Sehingga sejak dini anak-anak mengerti dan menambah wawasan mereka. Saya rasa banyak sekali yang didapatkan anak-anak setelah melakukan simulasi ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kabag Humas Sekretariat DPRD Banten, Toton Suriawinata mengaku telah memberi kesempatan kepada siapapun untuk memasuki ruang paripurna DPRD Banten.

“Ini kan rumah rakyat, siapapun boleh memasuki ruang publik ini, kita memfasilitasi yang melibatkan pimpinan dan anggota DPRD. Ini pembelajaran sangat berharga bagi santri dan siswa supaya mereka mengenal,” jelasnya. (*/Faqih).

Bank banten