Tawarkan Kemudahan Berkurban, Dompet Dhuafa Banten Targetkan Sebar 1.500 Hewan Kurban

 

SERANG – Dompet Dhuafa Banten akan kembali menggelar Tebar Hewan Kurban (THK) tahun 2022, yang mana pada tahun 2021 berhasil tebar 1.163 hewan kurban ke 6 Wilayah di Provinsi Banten dengan 55.708 penerima manfaat.

“Tahun ini kita targetkan 1.500 ekor hewan kurban untuk disebar ke berbagai daerah di Provinsi Banten minus Tangerang,” ujar Mokhlas Pidono, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten dalam konferensi persnya di DD Farm, Curug, Kota Serang, Kamis, (16/6/2022).

Untuk diketahui, program Tebar Hewan Kurban (THK) ini merupakan program diinisiasi Dompet Dhuafa sejak tahun 1994.

“THK ini berawal dari kegelisahan tidak meratanya daging kurban saat idul adha, daging kurban hanya menumpuk di perkotaan, sementara di pelosok dan pedesaan jarang sekali merasakan kebahagiaan berkurban,” ujarnya.

Berangkat dari semangat ini, Dompet Dhuafa Banten mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam program Tebar Hewan Kurban.

MTQ Pemkot

“Kami memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa berkurban, tahun ini harga hewan kurban termurah sebesar Rp1,7 juta dengan jenis domba jantan dugul bobot 17-19 kg,” bebernya.

Meskipun harga yang Dompet Dhuafa tawaran sangat murah, ia menjamin kualitasnya, karena sudah dirawat dan ditreatmen di kandang milik DD Farm yang berlokasi di Curug, Kota Serang, dan Cikeusal, Kabupaten Serang.

Disinggung terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mulai menjangkiti hewan ternak akhir-akhir ini, Mokhlas menjamin bahwa hewan kurban di DD Farm bebas PMK.

“Kita sudah lockdown sejak ramainya kasus PMK yang masuk di Kabupaten Serang, jadi tidak menerima kiriman hewan dari luar, dokter hewan setiap waktu datang memantau, sehingga hewan kurban disini insyaallah aman dari penyakit PMK,” jelasnya.

Untuk itu Dompet Dhuafa Banten memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berkurban dengan berbagai kelebihan diantaranya:
1. Hewan ternak dari pemberdayaan sendiri ( DD Farm).
2. Bisa bantu distribusi.
3. Harga sangat murah, jauh lebih murah dari harga pasaran.
4. Pengadaan sudah jauh-jauh hari, sehingga aman dari penyakit PMK.
5. Bobot hewan real timbang hidup.
6. Hewan sesuai syariah.
7. Berbagai kemudahan transaksi.

“Dengan berbagai kemudahan ini, diharapkan dapat mendorong masyarakat Banten untuk bisa berkurban tahun ini, dengan begitu Dompet Dhuafa Banten bisa menyebarkan 1.500 hewan kurban ke berbagi wilayah di Banten,” pungkasnya. (*/Rizal)

Adam