Tempat Tidur Pasien Corona di RSUD Banten Akan Dikurangi

SERANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten yang kini menjadi rumah sakit rujukan pasien virus Corona atau Covid-19 rencananya akan mengurangi jumlah tempat tidur. Demikian diatur lantaran akan kembali melayani pasien umum pada tanggal 26 Juli 2020 mendatang.

Diketahui, pertimbangan iti dilakukan karena adanya penurunan kasus virus corona di tanah jawara.

“Terkait kapan berakhir (RSUD) untuk melaksanakan kegiatan pusat rujukan covid-19 batas akhir persiapan 25 Juli. Nantinya, tanggal 25 itu sudah ready untuk melayani pasien umum kembali,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti kepada wartawan, di Kota Serang, Senin (29/6/2020)

Kemudian Ati menyampaikan, jika nanti pasien yang akan menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan pasien BPJS Kesehatan akan kembali dilayani dengan normal.

Saat ini juga, RSUD Banten itu sedang mempersiapkan pemisahan ruang perawatan dan UGD covid-19 dengan pasien umum. Sehingga, jumlah tempat tidur yang awalnya untuk pasien Covid-19 berkurang, dari 250 menjadi 100 tempat tidur.

“Mempersiapkan terlebih dahulu mensekat-sekat mana nanti (pasien) UGD Covid mana UGD untuk pasien umum,” kata Ati. (*/JL)