di Masa PPKM Darurat, BI Banten Tiap Hari Salurkan Uang Tunai Rp56,59 Miliar

SERANG – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja mengungkapkan, di masa PPKM Darurat, BI Banten setiap harinya menyalurkan uang tunai rata-rata Rp56,59 miliar atau naik dibandingkan bulan Juni 2021 sebesar 33,24% (month-to-month).

Sementara, rata-rata penyetoran uang tunai dari perbankan yang masuk ke BI Banten secara harian melambat 20,48% (mtm) dari Rp 16,76 miliar menjadi Rp 13,32 miliar pada bulan Juni 2021.

Menurut Erwin, perkembangan tersebut mencerminkan bahwa aktivitas ekonomi Banten di masa PPKM Darurat terus bergulir naik. Hal ini salah satunya ditopang oleh kinerja sektor industri kritikal dan sektor esensial lainnya.

“Tetap kuatnya sektor industri tersebut juga diindikasikan oleh perkiraan Prompt Manufacturing Index (PMI) di Banten sebesar 53,75% atau telah melewati threshold ekspansi,” kata Erwin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/7/2021).
 
Erwin mengapresiasi Perbankan dan juga Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) yang terus memberi dukungan untuk kelancaran pelayanan di masyarakat.

“Kita harus terus berikhtiar dan sinergis, agar layanan kebutuhan uang masyarakat dapat terlayani dengan baik, termasuk digitalisasi sistem pembayaran di tengah pandemi agar kegiatan ekonomi di Banten terus bergulir, dan tumbuh mengesankan dalam masa pemulihan ekonomi,” tutupnya. (*/Faqih)

Demokrat
Royal Juli