12 Gerakan Fisik yang Paling Banyak Membakar Kalori

JAKARTA – Sudah bukan rahasia lagi, aktivitas fisik diketahui dapat membantu tubuh membakar kalori untuk menurunkan berat badan.

Gerakan paling banyak membakar kalori ini bisa dimulai dari aktivitas sederhana seperti berjalan kaki sampai latihan intensitas tinggi (HIIT).

Besaran kalori yang ingin Anda bakar tentu bervariasi sesuai tujuan masing-masing. Kuncinya yaitu rutin serta disiplin untuk terus aktif bergerak.

Dilansir Healthline, berikut ada beberapa gerakan yang bisa Anda coba. Beberapa gerakan ini dinilai efektif membakar kalori dengan durasi latihan sekitar 30 menit per hari. Melakukan sejumlah gerakan ini secara rutin dapat jadi salah satu cara membakar kalori yang efektif.

Ks nu
  1. High-knee running
    High-knee running adalah latihan kardio dengan gerakan lari di tempat sambil mengangkat lutut setinggi lengan ke atas dan bawah. Gerakan ini bisa membakar sekitar 350 kcal.
  2. Butt kick
    Butt kick masih termasuk latihan kardio. Gerakannya seperti lari di tempat, namun tumit kaki diarahkan menyentuh bokong. Latihan butt kick mampu membakar 240-355 kcal.
  3. Mountain climbers
    Gerakan mountain climber terlihat seperti saat sedang mendaki gunung. Gerakan ini cukup membakar kalori yang setara butt kick, yaitu 240-355 kcal.
  4. Berenang
    Melakukan gerakan renang dibarengi latihan aerobik di air dapat meningkatkan kekuatan otot, jantung, paru-paru, aliran darah, sekaligus membakar energi sekitar 198-294 kcal.
  5. Sepeda statis
    Gerakan paling banyak membakar kalori berikutnya yaitu bersepeda di tempat menggunakan sepeda statis. Gerakan ini diklaim dapat meluruhkan 210-311 kcal.
  6. Sprint
    Sprint atau lari cepat sebaiknya dilakukan setelah high-knee running atau jumping jack sebagai pemanasan. Cara ini membuat pembakaran lebih maksimal. Gerakan ini bisa membuang 240-355 kcal.
  7. Lari santai
    Berlari santai selama 30 menit tanpa henti juga efektif membakar kalori. Meski tidak besar, hanya sekitar 10-16 kcal, tapi jika rutin dilakukan, kalori yang dibuang akan jauh lebih banyak.
  8. Berjalan kaki
    Berjalan kaki di sekitar rumah merupakan gerakan sederhana yang bisa membakar kalori. Meski tidak banyak, yaitu 3-4 kcal, Anda dapat melakukannya lebih rutin atau setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.
  9. Senam aerobik
    Senam aerobik tak hanya membantu membakar kalori sebesar 6-9 kcal, melainkan dapat menyehatkan jantung serta memperbaiki mood, sehingga memberi efek menyenangkan.
  10. Jumping jack
    Jumping jack merupakan gerakan melompat yang dilakukan berulang sebelum melakukan latihan intensitas tinggi. Durasi 30 menit jumping jack dapat membakar 8-11,8 kcal.
  11. Lompat tali
    Jumping rope atau lompat tali termasuk gerakan cukup mudah. Melakukannya selama 30 menit dapat membakar 7,6-9,8 kcal.
  12. Crunches
    Crunches dilakukan dengan berbaring mengangkat kaki dan lutut yang ditekuk, kemudian digerakkan sambil diangkat berulang. Latihan ini dapat membakar kalori sekitar 100 kcal.

Gerakan-gerakan di atas bisa saja membahayakan bagi seseorang yang pernah mengalami cedera. Anda disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Gerakan-gerakan di atas juga tak selalu harus dilakukan selama 30 menit jika dirasa berat. Anda bisa menyesuaikan dan melakukannya perlahan.

Selain melakukan gerakan paling banyak membakar kalori secara rutin, jalani juga pola makan yang sehat dan seimbang demi tercapainya tujuan penurunan berat badan. (*/CNN)

Cibeber nu