Warning … Pil Kontrasepsi Picu Depresi pada Wanita

 

FAKTA BANTEN – Sebuah penelitian terbaru menemukan kaitan positif antara pil KB dan kesehatan wanita. Menurut penelitian tersebut, konsumsi pil KB dapat menurunkan tingkat kesejahteraan kaum wanita.

Studi yang dipublikasikan dalam Fertility and Sterility tersebut menemukan bahwa kombinasi pil KB yang dikonsumsi dapat secara signifikan menurunkan kualitas hidup dari kaum wanita mencakup kesejahteraan, kontrol diri, serta kadar energi.

“Diperkirakan sebanyak 100 juta wanita di seluruh dunia menggunakan pil kontrasepsi yang secara mengejutkan, kami ketahui efek negatifnya pada kesehatan wanita,” ujar pemimpin studi Angelica Linden Hirschberg.

Sankyu ks

Dilansir dari laman Medical Daily, Sabtu (22/4/2017), studi tersebut menemukan hasilnya berdasarkan laporan kaum wanita. Di mana, beberapa wanita melaporkan perubahan suasana hati, yang akhirnya membuat mereka tidak melanjutkan konsumsi pill tersebut.

Peneliti dari University of Copenhagen juga menemukan bahwa kombinasi konsumsi pil kontrasepsi, menyebabkan 23 persennya mengalami depresi. Sedangkan mereka yang menggunakan pil yang hanya mengandung progestin, menyebabkan depresi sebesar 34 persen.

Para peneliti menemukan, pil kontrasepsi kombinasi di Swedia, menyebabkan setidaknya risiko trombosis. Hal tersebut menyebabkan kondisi pembekuan darah di dalam sistem sirkulasi tubuh. Meski risiko depresi dan efek negatif psikis lainnya terbilang kecil, namun efeknya nyata.

Dampak pada tubuh ini yang harus diperhatikan oleh kaum wanita.
Efek negatif berupa depresi ini, membuat kualitas hidup semakin menurun. Sehingga, studi ini menyarankan agar para wanita dapat memilih dengan tepat jenis kontrasepsi yang sesuai untuk tubuhnya. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 
Sumber: Viva.co.id