PT Cemindo Gemilang Tunjuk Koperasi Bongkar Muat

LEBAK – PT Cemindo Gemilang menunjuk secara resmi Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat atau KTKBM Bina Mitra Sejahtera untuk menunjang aktivitas bongkar muat di Terminal Khusus Industri Semen PT Cemindo Gemilang, yang berlokasi di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Rabu (20/2/2019).

Penunjukan yang dilakukan oleh PT Cemindo Gemilang berdasarkan surat dengan nomor 031/CG-GM/II/19 perihal pemberitahuan yang ditujukan kepada Kepala unit penyelenggara pelabuhan kelas III Labuan Banten. Dimana pada poin 6 menyebutkan bahwa untuk menunjang aktivitas bongkar muat di terminal khusus CG menunjuk penyedia jasa penyedia TKBM kepada KTKBM Bina Mitra Sejahtera yang akan mulai efektif pada 9 Januari 2019.

Dalam surat yang dikeluarkan 11 Februari 2019 tersebut juga menyebutkan berdasarkan hasil evaluasi terhadap TKBM Kolaqi menunjukan adanya ketidakmaksimalan dan sudah berakhir pada 31 Januari 2019.

Ketika dikonfirmasi awak media, GM Support PT Cemindo Gemilang Sigit Indrayana mengatakan, Cemindo Gemilang sendiri dalam menentukan KTKBM sudah sesuai dengan peraturan dan mekanisme yang ada di mana KTKBM yang melakukan pekerjaan bongkar muat di terminal khusus harus memiliki legalitas.

Ks nu

“Kita memberikan kesempatan kepada sumber daya lokal, seperti BMS, untuk memberdayakan nelayan bekerja di kegiatan bongkar muat,” kata Sigit ketika dikonfirmasi.

Sementara itu, Muhammad Isma ketua KTKBM Bina Mitra Sejahtera mengatakan, Cemindo Gemilang merupakan manajemen tertinggi pada persoalan penentuan TKBM di terminal khusus industri semen.

“Ya, kita berharap saja nota kesepahaman yang sudah dibuat satu wilayah kerja satu TKBM itu riil terjadi agar tidak ada lagi polemik atau gesekan,” kata Isma.

Untuk kinerja sendiri, sambung Isma, KTKBM Bina Mitra Sejahtera sudah menjadi koperasi yang legal dan terdaftar atau tercatat di kantor unit penyelenggara pelabuhan kelas III Labuan.

“Untuk penyedia tenaga kerja profesional, kita pastikan memiliki tenaga kerja yang disiplin dan memiliki pengetahuan di bidang bongkar muat,” pungkasnya. (*/sandi)

Cibeber nu