Warga Rangkasbitung Antusias Saksikan Barongsai di Malam Imlek

LEBAK – Ratusan warga di Kota Rangkasbitung antusias menyaksikan pertunjukan barongsai yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan penyambutan tahun baru Imlek 2570 tahun 2019. Ratusan warga tersebut berkumpul di halaman Vihara Avalokitesvara di Jalan Jl Sunan Kalijaga, Rangkasbitung.

“Setiap pergantian malam tahun baru imlek kami selalu datang untuk menyaksikan pertunjukan barongsai,” kata Ahmad (35) di sela pertunjukan barongsai.

Dia yang datang bersama kedua anaknya mengaku senang dengan pertunjukan barongsai yang jarang disaksikannya secara langsung.

Putri (20) warga Rangkasbitung lainnya juga menyatakan hal serupa dengan Ahmad yang menunggu-nunggu pertunjukan barongsai di malam Imlek.

“Saya datang bersama teman-teman. Meski kurang lama, namun pertunjukannya seru dan asik pertunjukannya. Kami juga sempat berfoto dengan barongsai singa,” kata Putri.

Sankyu ks

Berdasar pantauan faktabanten, meski digelar malam hari, pertunjukan barongsai tersebut tetap memiliki daya tarik bagi warga. Tak hanya orang tua dan pemuda, anak-anak pun rela menunggu demi menyaksikan kesenian asal Tiongkok tersebut.

Penampilan barongsai selain sebagai pembuka acara menyambut tahun baru Imlek, pertunjukan tersebut juga bertujuan memeriahkan malam pergantian tahun Imlek.

Dalam kesempatan itu, ada empat barongsai dan satu naga yang ditampilkan. Saat pertunjukan mulai dilaksanakan para warga langsung mengabadikan momen tersebut menggunakan kamera telpon genggam.

Sementara itu, pengurus Vihara Avalokitesvara di Jalan Sunan Kalijaga, Rangkasbitung, Yongki Kusuma mengatakan pergantian tahun Imlek harus menjadi momentum untuk merekatkan kerukunan antar umat beragama, termasuk antar suku, ras, dan golongan.

“Seluruh warga Kota Rangkasbitung baik yang merayakan Imlek atau tidak, agar saling menghormati dan menghargai sehingga kedamaian bermasyarakat yang selama ini ada terus terjaga,” pungkasnya. (*/sandi)