Krakatau Steel Kerjasama dengan ITS, Terkait Pengembangan Produk Baja Konstruksi

JAKARTA  – PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan penandatanganan kerjasama penggunaan dan pengembangan Produk Baja untuk Aplikasi Konstruksi dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Kerjasama tersebut ditandatangani di Surabaya pada Kamis (16/2/2023).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Infrastruktur dan Penunjang Bisnis Krakatau Steel, Djoko Muljono, dan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Bambang Pramujati.

“Kerja sama ini dilakukan untuk pengembangan teknologi konstruksi berbasis baja yang nantinya dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi pekerjaan konstruksi pada umumnya. Sebagaimana diketahui,  baja memiliki banyak keunggulan seperti memiliki kekuatan tinggi, dimensi yang presisi dan konstan, mudah dibentuk, bisa didaur ulang, bisa dipadukan dengan material lain sehingga diyakini dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam bidang konstruksi untuk mendukung pembangunan infrastruktur nasional,” jelas Djoko.

Lebih lanjut Djoko menyampaikan, bahwa dengan inovasi bidang konstruksi diharapkan dapat meningkatkan penggunaan produk baja dan bisnis PT Krakatau Steel terutama melalui Sub-holding PT Krakatau Baja Konstruksi serta industri manufaktur Indonesia.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember memiliki kemampuan dan keahlian untuk membuat rancangan, standar prosedur dan melakukan inovasi produk konstruksi berbasis baja.

Advertorial

Advertorial

“Pengembangan produk baja Krakatau Steel sangat penting agar kami dapat terus meningkatkan kualitas, menghasilkan barang dan jasa bermutu tinggi serta sesuai dengan standar SNI,” tambah Djoko.

Dalam sambutannya, Bambang Pramujati menyatakan bahwa kedua instansi berkomitmen untuk bekerjasama.

Penandatanganan kali ini disebut sebagai landasan awal untuk memfasilitasi komunikasi, diskusi, saling memberikan informasi, negosiasi dan melakukan kajian-kajian.

“Baik kajian teknis maupun bisnis, yang akan dijadikan sebagai pedoman perencanaan dan persiapan pelaksanaan kerjasama selanjutnya,” ujar Bambang Pramujati.

“Semoga kerjasama ini berjalan dengan baik, memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, Krakatau Steel semakin maju dengan produk baja unggulan melalui pengembangan produk yang baik,” imbuh Bambang.

Djoko juga sangat mengapresiasi dan berharap, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dapat menjadi institusi pendidikan terdepan yang terus meningkatkan kemampuannya melalui penelitian dan pengembangan produk konstruksi berbasis baja maupun kombinasi baja dengan material lainnya. (*/Red)