Setnov Huni Satu Rutan Bareng Walikota Cilegon Non-Aktif Tb Iman Ariyadi

Lazisku

JAKARTA – Ketua DPR RI sekaligus tersangka kasus korupsi E-KTP Setya Novanto resmi ditahan di Rumah Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Setiabudi, Jakarta Selatan, sejak Senin (20/11/2017) dini hari kemarin.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan Setnov berada satu kamar dengan tahanan lain.

Namun belum ada keterangan lebih lanjut dengan siapa saja Setnov ditahan dan berapa orang yang bersamanya dalam satu kamar.

DPRD Pandeglang Kurban

“Saya tidak bisa beritahukan lebih lanjut mengenai jumlah tahanan lain dan siapa saja karena itu informasi terbatas. Tapi di Rutan KPK ada satu kamar berisi lima orang, satu kamar tiga orang, dan ada yang satu kamar satu orang,” ujar Febri kepada wartawan.

Baca Juga : Tiga Tersangka yang Terlibat Suap Walikota Cilegon Segera Disidang

Sebelumnya diketahui, pada Jumat (6/10/2017), usai Rutan Kelas 1 KPK ini baru diresmikan operasionalnya, KPK memindahkan 11 tahanan dari sejumlah kasus korupsi ke rutan ini. Dari ke-11 tahanan itu salah satunya adalah Walikota Cilegon non-aktif Tb Iman Ariyadi, yang terjerat kasus suap pembangunan Mall Transmart.

Walikota Cilegon non-aktif yang juga Ketua DPD Partai Golkar itu, kini berada dalam satu rutan yang sama dengan Setya Novanto, yang merupakan orang nomor satu di Partai Golkar.

Selain Setnov dan Tb Iman, penghuni rutan tersebut antara lain dari tahanan wanita yakni; Walikota Tegal non-aktif, Siti Masitha Soeparno; Anggota DPR, Miryam S Haryani; Hakim Pengadilan Tipikor Bengkulu non-aktif, Dewi Suryana; PNS, Syuhadatul Islamy; dan Sekretaris CV Sumber Laut Perkasa, Ng Fenny.

Kemudian, tahanan pria yakni; Auditor BPK, Rochmadi Saptogiri; Panitera Pengganti PN Bengkulu, Hendra Kurniawan; Direktur Utama PT Aqumarine Divindo Inspection, Yunus Nafik; dan Sujendi Tarsono.

Namun karena kehadiran Setya Novanto di Rutan KPK ini, satu orang tahanan pada kasus yang sama yaitu Andi Agustinus atau Andi Narogong, harus dipindah ke Rutan Kelas C1 yang berada di Gedung Lama KPK. Sebelumnya Andi Narogong menempati kamar tahanan yang berisi tiga orang di Gedung Merah Putih KPK.

Sementara mengenai kondisi kesehatan Novanto, Febri menegaskan bahwa perlakuan KPK terhadap semua tahanan adalah sama.

“Intinya kalau sudah menjadi tahanan di KPK semua akan diperlakukan sama dan kami tidak memberi fasilitas khusus kepada seseorang karena jabatannya. Kalau misal ada kebutuhan medis bisa diberitahukan agar mendapat tindakan lebih lanjut dari penyidik dan dokter KPK,” tegas Febri.

POTRET-POTRET SUASANA DI DALAM RUTAN KPK

Luas Rutan ini 839,4 meter persegi, terdiri dari 2 lantai dan memiliki kapasitas 37 tahanan, diantaranya 29 pria dan 8 wanita.

KPK beberapa waktu lalu sempat mengajak wartawan menengok Rutan KPK. Ada tiga jenis ruangan untuk tahanan di Rutan KPK. Untuk tahanan laki-laki terdiri dari 4 kamar berkapasitas 5 orang, 2 kamar berkapasitas 3 orang, dan 3 kamar berkapasitas 1 orang. Kemudian untuk perempuan ada 2 kamar berkapasitas 3 orang dan 2 kamar berkapasitas 1 orang.

Baca Juga : KPK Kembali Perpanjang Masa Penahanan Walikota Cilegon Non-Aktif Tb Iman Ariyadi

Kpu

Kamar yang berkapasitas 1 orang merupakan sel isolasi untuk para tahanan yang baru ditahan ataupun yang menderita sakit sehingga harus dipisahkan dengan tahanan lainnya.

Cabang rutan KPK yang terletak di belakang Gedung KPK, Kuningan, Jakarta ini sendiri baru saja diresmikan pada Jumat, 6 Oktober 2017.

Seperti apa sih suasana di dalamnya? Yuk simak lewat foto-foto yang diambil dari berbagai sumber di bawah ini;

1. Begini nih suasana di dalam rutan KPK. Rutan ini terdiri dari 2 lantai dan memiliki kapasitas 37 tahanan, diantaranya 29 pria dan 8 wanita.

2. Selain area sel, terdapat juga beberapa fasilitas seperti area tunggu tamu tahanan, ruang kunjungan keluarga, dan ruang olahraga.

3. Satu ruangan sel dapat diisi 3 sampai 5 orang. Para tahanan nantinya akan tidur bareng dengan kasur dan bantal seadanya.

4. Toilet juga langsung disediakan di dalam sel. Toilet dan tempat tidur hanya dibatasi dinding setinggi kira-kira 1,5 meter.

5. Begini nih penampakan toilet dan kamar mandinya. Nggak ada pintunya, cuma pakai sekat dinding.

6. Selain sel, rutan ini juga menyediakan tempat kunjungan untuk keluarga.

(*/Red)

DPRD Banten Kurban
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien