Wakil Ketua DPR Minta Polri dan OJK Berantas Pinjol Ilegal Hingga ke Investornya

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad meminta jajaran Polri dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menindak tegas penipuan pinjaman online (Pinjol) ilegal yang sudah meresahkan masyarakat.

Menurutnya, Pinjol ilegal sudah menjadi masalah krusial yang harus segera ditindak tegas, lantaran sudah banyak korban di masyarakat, bahkan ada yang hingga depresi dan bunuh diri.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini juga meminta aktor dibalik pinjol ilegal, investor dan penagih utang (debt collector) yang kerap melakukan aksi teror juga harus diberikan efek jera.

Dasco menilai, maraknya pinjol ilegal juga harus menjadi indikator bagi otoritas keuangan untuk instrospeksi dan melakukan evaluasi bagi lembaga keuangan seperti bank, koperasi, dan Permodalan Nasional Madani (PNM).

“Masalah pinjaman online ilegal adalah permasalahan krusial dan meresahkan masyarakat, ada yang terganggu secara psikis, depresi, bahkan bunuh diri karena merasa tertekan,” tulis Dasco di akun Facebook miliknya, Jumat (15/10/2022)

“Oleh karenanya, saya meminta Polri dan OJK untuk menindak tegas serta memberantas maraknya penipuan pinjol ilegal. Tidak hanya pelaku ya, tetapi pihak kepolisian juga harus memberikan efek jera kepada para investor dari pinjaman online ilegal yang kerap melakukan aksi teror kepada masyarakat yang menjadi korban pinjol,” tambahnya. (*/Faqih)