Derby London Utara; Langkah Terjal Spurs dalam Pertahankan Asa Juara

LONDON – Derby panas tim sekota akan tersaji di ajang EPL akhir pekan ini. Dua tim asal London Utara, Tottenham Hotspur yang bertindak sebagai tuan rumah akan ditantang Arsenal di White Hart Lane pada hari Minggu (30/4/2017) malam ini.

Persaingan antara dua tim asal London Utara ini terkenal ketat dan sarat gengsi di ajang EPL. Pada awal musim lalu, Derby London Utara ini berakhir dengan skor imbang 1-1 di Emirates Stadium. Catatan imbang itu membuat rekor pertemuan kedua tim sama-sama kuat, di mana mereka masing-masing memenangkan 1 laga, dan seri di 3 laga lainnya dalam 5 derby edisi terakhir. Untuk itu laga derby kali ini bisa menjadi pembuktian siapa yang pantas menjadi penguasa London Utara.

Selain itu, Derby ini benar-benar krusial bagi kedua tim. Pasalnya Spurs yang saat ini berstatus sebagai runner up sementara EPL tertinggal 4 poin saja dari sang pemuncak klasemen Chelsea, sehingga mereka harus menang untuk menjaga peluang juara mereka sambil berharap Chelsea terjegal dilaga sisa. Sedangkan Arsenal yang terpaut 4 poin saja dari posisi empat yang ditempati oleh Manchester City. Oleh karenanya kedua tim akan berupaya keras untuk memenangkan laga panas ini.

Performa kedua tim menjelang laga ini terbilang mirip. Kedua tim sama-sama mengoleksi 4 kemenangan dan 1 kekalahan di lima pertandingan terakhir mereka. Namun Tottenham bernasib kurang beruntung karena tersingkir dari semi final FA Cup setelah ditumbangkan Chelsea , sementara The Gunners sukses memastikan diri lolos ke Wembley setelah membekuk Manchester City.

Sepertinya yang menjadi penentu kemenangan pada laga ini adalah bagaimana kedua pelatih meramu mengatur strategi rotasi pemain. Pasalnya kedua tim akan memainkan pertandingan ketiga mereka dalam kurun waktu satu minggu terakhir, sehingga faktor kelelahan pasti menjadi beban tersendiri bagi para pemain. Oleh karenanya kepiawaian pelatih kedua tim dalam mengatur rotasi pemain akan menjadi kunci kemenangan pada laga ini.

Pelatih Spurs yang dipusingkan dengan absennya sejumlah pemain penting mereka. Karena Erik Lamela, Harry Winks, Michel Vorm dan Cameron Carter-Vickers yang masih dibelut cedera diperkirakan belum bisa berada starting eleven pada laga nanti.

Begitupun dengan kubu tim tamu Arsenal, yang diprediksi akan turun tanpa kekuatan terbaiknya. Tercatat Santi Cazorla, Lucas Perez, David Ospina dan Jeff Reine-Adelaide akan absen pada laga ini karena mengalami cedera sementara Shkodran Mustafi diragukan tampil setelah dikabarkan belum pulih betul dari cedera.

Perkiraan Susunan Pemain

Sankyu ks

Tottenham Hotspur (3-4-2-1): Lloris; Vertonghen, Alderweireld, Dier; Rose, Dembele, Wanyama, Walker; Alli, Eriksen; Kane

Arsenal (3-4-2-1): Cech; Holding, Koscielny, Paulista; Monreal, Xhaka, Ramsey, Chamberlain; Ozil, Sanchez; Welbeck

Statistik Kedua Tim
Head to Head
06/11/16 Arsenal 1 – 1 Tottenham Hotspur (EPL)
05/03/16 Tottenham Hotspur 2 – 2 Arsenal (EPL)
08/11/15 Arsenal 1 – 1 Tottenham Hotspur (EPL)
24/09/15 Tottenham Hotspur 1 – 2
Arsenal (EFL)
07/02/15 Tottenham Hotspur 2 – 1 Arsenal (EPL)

Prediksi Skor:
Laga Derby London Utara kali ini diprediksi akan berjalan sengit dan panas. Kedua tim memiliki misi yang sama sehingga mereka akan mengeluarkan kemampuan yang mereka miliki untuk meraih tiga poin di White Hart Lane.

Mereka sama meraih 4 kemenangan dan 1 kekalahan di 5 pertandingan terakhir mereka. Rekor pertemuan mereka juga berimbang, namun Spurs yang diuntungkan dengan bermain dikandang dan sedang menjaga peluang juara EPL, akan bermain lebih all out dan memenagi laga.

Fakta Banten sendiri memprediksi laga ini akan berakhir untuk kemenangan Tottenham Spurs, dengan skor 2-1.

Bagaimana prediksi anda kawan fakta ?

Sampaikan prediksi anda pada kolom komentar ya …. (*)