Imbang di Nou Camp, Juventus Hapus Asa Barcelona di Liga Champions

BARCELONA – Hasil Liga Champions dinihari tadi yang mempertemukan tuan rumah Barcelona kala menjamu Juventus berakhir dengan skor kacamata atau imbang tanpa gol 0-0.

Menyerbu Bianconeri julukan Juventus, di sepanjang laga yang disiarkan SCTV secara live di Camp Nou pada Kamis dinihari tadi (20/4/2017), Barca yang menurunkan Trio andalannya MSN (Messi, Suarez, Neymar) plus Paco Alcacer, ternyata tidak bisa berbuat banyak menghadapi solidnya pertahanan Juventus.

Dengan hasil imbang ini, memastikan wakil Italia yang melaju ke babak semifinal Liga Champions dengan agregat 0-3. Sedangkan Barcelona terpaksa harus tersingkir dan membayar mahal atas kekalahan telak mereka di Leg 1 perempatfinal Liga Champions pekan lalu.

Serupa dengan yang terjadi pada Leg 1, pada Leg 2 dinihari tadi pertahanan baja Juventus memang sulit ditembus pasukan El Barca. Meski bermain di hadapan publiknya sendiri, bahkan di luar dugaan pelatih Luis Enrique mengubah taktik kesukaannya 3-4-3 untuk kembali jadi 4-3-3 dengan penekanan pada Jordi Alba yang kembali ke bek kiri.

Tentu saja El Barca ingin mencetak gol secepat mungkin untuk mengulang sejarah kemenangan besar dan membalikan keadaan seperti saat mengatasi PSG. Namun, meski mendominasi permainan, sepanjang paruh pertama nyaris tidak ada peluang yang benar-benar membahayakan gawang Buffon, selain aksi Messi di menit 20, yang normalnya menjadi sebuah gol, tetapi meleset.

Ks nu

Barca sebenarnya bermain disiplin dari upaya antisipasi ancaman ke lini belakang mereka. Permasalahannya, lawan yang dijumpai adalah Juventus, tim asal Italia yang terkenal jitu memutus aliran bola ala klub Catalan yang membahayakan. Akibatnya, alur serangan Barca kali ini sering putus dan mudah dipatahkan.

Di babak kedua situasi belum banyak berubah, Juventus bermain lebih bertahan. Peluang yang didapat Messi menit 51 dan 56 pun kandas. Sampai Enrique menggunakan formasi radikal, yakni memasang empat penyerang sekaligus di sisa 30 menit, kala Paco Alcacer masuk menggantikan gelandang Rakitic. Tetapi gawang Buffon masih juga belum bisa dibobol.

Juventus pun memasang lima bek sejak menit 78 dengan keluarnya Paulo Dybala dan memasukan bek Barzaghli.

Strategi terakhir Barca adalah mengubah formasi jadi 3-4-3. Mereka malahan nyaris kebobolan jika tembakan Sami Khedira di menit 82 tidak terlalu pelan. Di menit-menit akhir laga seperti menyadari mimpi mereka di Kompetisi Eropa sudah runtuh, karena menjelang peluit akhir babak kedua skor masih tetap 0-0, para fans Barca pun melambaikan bendera seakan memberi tanda sudah menyerah sampai berakhirnya laga masih tetap 0-0. Akibatnya, kali ini Barca kembali tidak bisa merasakan semifinal Liga Champions, seperti musim lalu.

 

Susunan Pemain
Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Sergi Roberto (Mascherano 78), Pique, Umtiti, Alba; Busquets, Rakitic (Alcacer 58), Iniesta; Messi, Suarez, Neymar.

Juventus (4-2-3-1) : Buffon; Dani Alves, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic; Cuadrado (Lemina 84), Dybala (Barzagli 75), Mandzukic; Higuain (Asamoah 88). (*)

Cibeber nu