Meski Kalah 2-1, Real Madrid Melenggang ke Final Liga Champions

MADRID – Meskipun harus menelan kekalahan 1-2 dalam pertandingan Semifinal Champions Eropa leg kedua versus Atletico Madrid yang digelar di Vicente Calderon, Kamis (11/5/2017) dini hari WIB tadi, Real Madrid tetap lolos ke babak grand final untuk menantang jawara Italia Juventus.

El Real yang pada laga leg pertama di Santiago Barnabeu menang telak 3-0 atas Atletico, secara keseluruhan unggul agregat gol 4-2. Los Blancos akan menantang Juventus yang lebih dulu lolos setelah sukses menghajar lawannya AS Monaco.

Pada pertandingan dinihari tadi, Atletico yang langsung bermain menyerang di menit-menit awal berhasil mencetak dua gol lewat Saul Niguez dan penalti Antoine Griezmann. Namun diakhir babak pertama Isco sukses menipiskan jarak menjadi 2-1.

Bermain dihadapan publiknya sendiri, di awal babak pertama Atletico langsung menggedor jantung pertahanan Madrid. Jalannya laga pun berlangsung cukup keras dan sudah menghasilkan dua kartu kuning di lima menit pertama.

Terus menyerang, Atletico pun sukses mencetak gol cepat di menit ke-12. Sundulan Saul yang menyambut sepak pojok Koke meluncur deras ke gawang Navas.
Dan hanya berselang beberapa menit, Atletico mendapat hadiah penalti dari wasit Cuneyt Cakir setelah Fernando Torres dilanggar Raphael Varane di kotak terlarang. Griezmann yang dipercaya mengeksekusi penalti, sukses menyarangkan bola ke gawang meski sempat ditepis oleh Navas.

Tersentak oleh dua gol cepat Atletico, El Real yang memiliki jam terbang lebih di ajang Liga Champions, perlahan mulai bisa mengendalikan tempo permainan. Gaya bermain Atletico yang meledak-ledak di awal laga pun perlahan mulai mengikuti irama permainan CR7 Cs.

Dan El Real pun berhasil memperkecil ketinggalan di menit 42. Aksi ciamik Karim Benzema melewati tiga bek lawan dan memberi umpan kepada Toni Croos, bola tembakan Toni Kroos masih bisa diblok Jan Oblak, namun bola rebound itu sukses disontek Isco menjadi gol. Skor 2-1 ini bertahan hingga turun minum.

Sankyu ks

El Real seakan tidak mau mengulangi kelengahan awal babak pertama, diawal babak kedua bermain lebih menyerang. Terlebih Atletico yang sedang berupaya mengejar agregat gol, maka saling serang antara kedua tim pun terjadi.

Diego Simeone pun memasukan sekaligus dua pemain untuk menambah daya gedor timnya pada menit 56. Kevin Gameiro dan Thomas Partey masuk menggantikan Torres dan Jose Gimenez.

Navas yang tampil lebih impresif di babak kedua, berhasil menggagalkan beberapa peluang berbahaya dari Atletico. Dan tidak ada gol yang tercipta sampai wasit meniup peluit panjang, skor 2-1 pun bertahan untuk kemenangan kubu tuan rumah Atletico.

Meski kalah, El Real yang pada leg pertama menang 3-0, secara keseluruhan unggul agregat gol 4-2. Maka, El Real berhak melaju ke partai final untuk menantang jawara Serie A, Juventus di Millenium Stadium, Cardiff, Wales, Minggu (4/6/2017) dini hari WIB mendatang.

Susunan Pemain:

Atletico Madrid: Oblak; Gimenez (Thomas 56′), Savic, Godin, Filipe Luis; Koke (Correa 76′), Gabi, Saul, Carrasco; Griezmann, Torres (Gameiro 56′).
Pelatih: Diego Simeone

Real Madrid: Navas; Danilo, Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro (Vazquez 77′), Kroos; Isco (Morata 88′), Benzema (Asensio 76′), Ronaldo.
Pelatih: Zinedine Zidane

Statistik Pertandingan:
Total Shots: 18 – 20
Shots On Target: 7 – 6
Possession: 36% – 64%
Corners: 7 – 8
Offsides: 1 – 2
Pelanggaran: 23 – 7
Kartu Kuning: 4 – 2
Kartu Merah: 0 – 0.