Aspal Plastik: Revolusi Hijau dalam Pengelolaan Sampah di Kota Cilegon

Loading...

Oleh : Aulia Azfa Jannah, 221380039, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, UIN SMH Banten

 

Kita semua tahu betapa pentingnya mengurangi penggunaan plastik dan mengelola sampah plastik dengan lebih efisien. Nah, kabar baiknya datang dari Kota Cilegon! Mereka telah meluncurkan inisiatif terbaru yang dikenal sebagai “Aspal Plastik”, yang tidak hanya mengurangi penggunaan plastik, tetapi juga memberikan solusi terhadap masalah sampah plastik yang semakin mendesak.

 

Dalam sebuah acara Peresmian Gelaran Aspal Plastik di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Sabri Mahyudin, Kadis Lingkungan Hidup Kota Cilegon, menyampaikan bahwa jalan-jalan Kota Cilegon kini menggunakan campuran plastik dalam pembuatannya. Ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Cilegon dan PT Chandra Asri Pasific.

 

PCM

Tidak hanya itu, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) juga terlibat dalam proyek ini. Mereka bekerja sama dengan pemerintah untuk menghasilkan aspal dari limbah plastik. Suhat Miyarso, Wakil Presiden Corporate Affairs CAP, menjelaskan bahwa limbah plastik akan diolah menjadi aspal untuk membangun jalan aspal sepanjang 10 kilometer di Kota Cilegon. Ini adalah langkah berani dalam menciptakan infrastruktur yang ramah lingkungan.

 

Walikota Cilegon, Helldy Agustian, dengan bangga menyatakan bahwa TPSA Bagendung menjadi pabrik percontohan untuk provinsi lain di Indonesia. Ini bukan hanya sebuah pabrik, tetapi juga Pabrik Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP Plant) terbesar dan pertama di Indonesia. Dengan mengumpulkan 101,7 ton sampah plastik dari masyarakat dan siswa, proyek ini telah membuktikan bahwa inovasi dapat membawa perubahan yang nyata.

 

Selain memberikan solusi terhadap pengelolaan sampah plastik, langkah ini juga menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengadopsi solusi serupa. Dengan sinergi antara pemerintah daerah dan sektor swasta, langkah-langkah ini menunjukkan bahwa bersama-sama, kita dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

 

Jadi, mari kita dukung inisiatif Aspal Plastik ini dan menjadi bagian dari gerakan menuju lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan Teruslah kreatif dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik!

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien