Ada Retakan Besar di Gunung Pulosari, BPBD Himbau Masyarakat Harus Waspada

BPRS CM tabungan

PANDEGLANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang mengklaim telah menemukan retakan besar di sekitar gunung Pulosari atau tepatnya sekitar 1 Kilometer di atas Curug Putri dan retakan tersebut berpotensi menimbulkan longsor susulan. Maka dari itu pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di kawasan aliran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Kami telah mengecek langsung ke Gunung Pulosari dan telah terjadi keretakan dilokasi tepatnya 1 Kilometer diatas Curug Putri dengan panjang keretakan mencapai 100 meter, kedalaman 5 Meter dengan lebar 2 Meter” Ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Dadi Supriadi, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/2).

Dadi menjelaskan bahwa keretakan tersebut berpotensi menimbulkan longsor, karena menurutnya keretakan tersebut berada di lereng atau tebing tinggi. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal disekitar aliran sungai Curug Putri untuk meningkatkan kewaspadaannya.

DPRD Pandeglang Kurban
Maskot KPU Cilegon

“Kalau hujan terus-menerus maka dikhawatirkan akan terjadi longsor serta menimbulkan penumpukan material batu dialiran sungai, bahkan penumpukan material tersebut bisa menyebabkan banjir bandang”Bebernya Panjang Lebar.

Bahkan pihaknya juga telah melayangkan surat kepada Perum perhutani pandeglang sebagai pengelola Gunung Pulosari terkait temuan tersebut.

“Kami (BPBD) juga sudah mengirimkan surat ke perhutani pandeglang terkait hal tersebut” imbuhnya. (Gatot)

Gerindra Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien