Mahasiswa KKN Tematik Jabar dan Banten Gelar Seminar dan Pelatihan Teknologi Desa di Cibaliung

DPRD Pandeglang Adhyaksa

 

PANDEGLANG – Mahasiswa KKN Tematik yang berasal dari Perguruan Tinggi se Jawa Barat dan Banten menggelar seminar dan pelatihan teknologi Desa guna mengembangkan UMKM Desa Sorongan, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang yang berlangsung di SDN Sorongan 1 pada Rabu, (10/8/2022).

Seminar yang mengangkat tema “Pemanfaatan Digital Marketing UMKM Berbasis Kearifan Lokal Menuju Masyarakat Unggul dan Berdaya Saing di Era New Normal” itu dikuti oleh pelaku UMKM Desa Sorongan, perangkat Desa serta tokoh masyarakat sangat antusias pemateri yang diisi langsung oleh Guru Besar dari LLDIKTI IV yakni Prof.Dr. Mulyaningsih yang di pandu oleh Muhammad Fulaisum Firdaus dosen pembimbing lapangan dari Universitas Al-Khairiyah.

“Karena ciri khas Desa Sorongan adalah gula aren, kelapa dan pisang namun masih banyak orang belum mengetahuinya, penjualan dan proses pemasaran yang masih belum memaksimalkan teknologi dan perkembangan pelatform media penjualan online atas keresahan dan dukungan dari perangkat desa maka sebanyak 19 orang mahasiswa dan 1 dosen pembimbing lapangan ini berinisiatif melakukan seminar dan pelatihan teknologi UMKM,” papar Fulaisum.

Loading...

KKN Tematik yang diikuti oleh 19 mahasiswa dari 13 Perguruan Tinggi se Jawa Barat dan Banten antara lain, Universitas Alkhairiyah, Institut Teknologi Garut, Universitas Subang, Universitas Mandiri, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Universitas Pamulang, Universitas Pramita Indonesia, Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Universitas Bina Bangsa, STISIP Banten Raya, Universitas Raharja dan Universitas Pembangunan Jaya.

“Acara ini berjalan dengan lancar dan pelaku UMKM antusias sert banyak sekali ilmu dan juga masukan yang diterima baik oleh para pelaku UMKM maupun dari pemateri,” ujar dosen pembimbing lapangan asal Universitas Al-Khairiyah tersebut.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Seminar dan Pelatihan Teknologi Desa, Reza mengatakan selama 3 hari ini selain mendengarkan pemateri seminar, peserta akan di berikan pelatihan teknologi digital marketing yang bakal diisi dari Diskoperindag Kabupaten Pandeglang dan teman-teman mahasiswa.

Ia berharap dengan seminar dan pelatihan digital marketing ini warga Desa Sorongan mampu berinovasi untuk terus meningkatkan eksistensi Desa Sorongan di tanah nasional maupun internasional.

“Selain seminar yg sudah digelar hari ini, kegiatan ini juga akan dilanjutkan dengan pelatihan yang nanti akan diisi oleh pemateri dari Diskoperindag kab. Pandeglang di hari kedua, dan dari teman-teman mahasiswa dihari terakhir. Harapan kami dari kegiatan ini, adanya output posotif yang tercipta, salah satunya adalah bisa meningkatkan kreatifitas seluruh warga yang ada di desa sorongan untuk terus belajar dan terusmengikuti perekembangan zaman secara baik serta mampu berinovasi untuk terus meningkatkan eksistensi desa sorongan di ranah nasional bahkan internasional,” pungkasnya. (*/Nas)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien