Terdampak Corona, Seniman Pandeglang Lelang Alat Untuk Kebutuhan Makan

PANDEGLANG – Seniman tradisional asal Kecamatan Menes akan melelang alat keseniannya, lelang dilakukan karena sudah tidak adanya pentas sehingga tidak menghasilkan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Kondisi tersebut terjadi karena adanya surat edaran tidak bolehnya ada kegiatan pentas dalam kondisi wabah corona atau Covid 19.

Surya Galung Seniman pencasilat dari Perguruan Maung Pande mengatakan dalam kondisi wabah ia dan seniman lain tidak ada kegiatan pentas dan ini sudah cukup lama. Sementara kebutuhan sehari-hari harus dipenuhi.

“Kenapa kita lelang karena saya dan teman-teman seniman lain butuh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara untuk cara pekerjaan lainya juga kebingungan karena kondisi Corona ini,” katanya kepada Wartawan, Kamis (16/4/2020).

Lanjutnya, dunia seniman memang tidak menjanjikan tapi jika tidak dalam kondisi sekarang dirinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari itu selalu ada. Oleh karena itu dia berharap pemerintah bisa bijak memberikan solusi buat para seniman tradisional.

“Jika kami tidak mendapatkan bantuan seperti masyarakat lain maka kami sebagai seniman tradisional akan melelang satu set alat kendang penca biar perut kami bisa terisi,” ungkap mantan Juara Beladiri Dunia Kelas Murid itu. (*/Oriel)