Diperiksa Bawaslu Soal Kampanye Capres 02, Kades Kosambironyok Kabur Lewat Pintu Belakang Hindari Wartawan

SERANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang memeriksa Kepala Desa Kosambironyok, Syarif Hidayatullah diatas dugaan pelanggaran kampanye berpose 2 jari dan memegang poster Prabowo-Gibran pada Rabu, (7/2/2024).

Pantauan Fakta Banten, Syarif Hidayatullah mulai diperiksa Bawaslu Kabupaten Serang pukul 13.30 WIB dengan menggunakan kaos putih dan jaket berwarna cream.

Syarif Hidayatullah menjalani pemeriksaan klarifikasi selama 2 jam.

Usai diperiksa, Syarif Hidayatullah keluar sekitar pukul 15.30 WIB melalui pintu belakang kantor Bawaslu untuk menghindari wartawan.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Serang Abdul Holid membenarkan dan telah memeriksa Syarif Hidayatullah untuk dimintai keterangan.

“Hari ini kami barusan selesai melakukan pemeriksaan/klarifikasi terhadap terlapor Kepala Desa Kosambironyok dan telah menyampaikan klarifikasinya untuk dimasukkan ke dalam berita acara,” ucapnya kepada wartawan.

Advertorial

Advertorial

Holid mengaku dirinya belum bisa mengungkapkan hasil keterangan dari Kades Kosambironyok.

“Inikan masih dalam proses klarifikasi, nanti dalam proses penanganan pelanggaran sebagaimana mekanismenya ini tidak langsung dijabarkan hasil klarifikasinya, nanti kita akan ada kajian akhir,” ungkap Holid.

Dirinya mengungkapkan telah melontarkan lebih dari 20 pertanyaan kepada Syarif Hidayatullah.

“Lebih dari 20 pertanyaan,” ucapnya.

Holid mengaku dirinya akan memanggil kembali saksi untuk dimintai keterangan.

“Hari Senin akan kita lakukan klarifikasi lagi, kenapa saksi tidak hadir, kita belum dapat info, dan kita undang klarifikasi, minta temen-temen Panwascam untuk menemui yang bersangkutan,” tandasnya. (*/Fachrul)