Hidup Sehat Dan Berbagi, Ratusan Warga Taman Krakatau Antusias Donorkan Darahnya

Lazisku

SERANG – Ratusan warga RT 03/06 Blok H, Perumahan Taman Krakatau Desa Waringin Kurung, Kecamatan Waringin Kurung, Kabupaten Serang antusias mengikuti donor darah yang diselenggarakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-A’la yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon, Sabtu (6/7/2019).

“Kita ingin mengajak warga peduli terhadap sesama, karena setetes darah bisa menyelamatkan nyawa. Selain itu dengan kegiatan ini silaturahmi warga lebih terjalin, dan yang terpenting adalah kita ingin memberikan kesadaran bahwa donor darah itu sehat,” kata Ketua Panitia Donor Darah, Selamet Riyadi saat ditemui di sela acara.

Selamet juga menjelaskan dari seratus lebih warga Perumahan Taman Krakatau yang antusias ikut mendonor, ada sebagian diantaranya yang tidak bisa mendonorkan darahnya dengan alasan medis.

DPRD Pandeglang Kurban

“Dari warga (RT 03/09) sini saja yang daftar ada 63, ditambah dari luar sekitar 110an lah. Tapi itu diseleksi dulu atau dites kesehatan oleh PMI kalau tensi darah dan kesehatannya layak baru bisa donor,” jelasnya.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua DKM Al-Kitab A’la, Tubagus Mahfudin mengaku bangga dengan warganya yang begitu antusias mengikuti kegiatan kemanusiaan donor darah tersebut, meski pihaknya kurang maksimal dalam persiapan.

Kpu

“Kegiatan donor darah ini amanah jama’ah, makanya alhamdulillah warga antusias walau persiapan kita hanya dua minggu. Ini baru pertama kali, insya Allah ke depan akan kita adakan lagi dengan persiapan yang lebih matang,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim Medis PMI Cilegon, Ahmad Mujahidin menerangkan persyaratan-persyaratan medis yang harus dimiliki pendonor sebelum mendonorkan darahnya.

“Sebelum donor kita sampaikan efek sampingnya apa serta manfaatnya untuk kesehatan. Kita wawancara, lalu isi blanko menjawab pertanyaan. Bila ini lolos baru kita lanjut cek tensi darah minimal 110 maksimal 150, dan tekanan darah minimal 12,5 dan maksimal 17,0,” terangnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut untuk mendonorkan darahnya, karena selain sebagai bentuk bhakti sosial, donor darah juga bisa menyehatkan tubuh.

“Buatlah donor darah sebagai gaya hidup, donor darah itu menyehatkan tubuh karena ada pembaruan sel darah dalam tubuh,” tandasnya. (*/Ilung)

DPRD Banten Kurban
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien