KKM 65 UNIBA Inovasikan Lampion Berbasis Teknologi di Padarincang

Dprd ied

 

SERANG – Kelompok Kerja Mahasiswa (KKM) 65 Universitas Bina Bangsa kembali mengajak masyarakat untuk mengembangkan potensi sumber daya yang ada di masyarakat kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Kali ini, kelompok KKM 65 tersebut berhasil membuat Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan bentuknya yaitu Lampion. Tentu saja ini mendapat reaksi positif dari masyarakat setempat.

Selain itu TTG tersebut juga sudah selesai di hak patenkan (HAKI) dengan nama ‘Lampion Kramat’. Amat Hidayat selaku Dosen Pembimbing Lapangan pun ikut senang dan bangga atas kreasi para mahasiswa nya tersebut.

“KKM 65 membuat TTG (Teknologi Tepat Guna) yang di kerjakan oleh Arif dan Angga selaku bidang TTG, dan alhamdulilah sudah di HAKI-kan,” katanya kepada Fakta Banten, Kamis, 24 Agustus 2023.

dprd tangsel

Di tempat yang sama, Nanang selaku warga setempat juga turut menyampaikan hal yang serupa dengan Amat Hidayat.

Menurut Nanang sendiri, selama ini masyarakat belum mengetahui bahwa ternyata produk mereka bisa dikolaborasikan dengan teknologi yang berkembang.

“Sangat senang karena mereka juga menambah knowledge mereka. Karena saat ini mereka hanya memproduksi ketika ada pesanan saja, dan tidak mengetahui bahwa produk mereka ber potensi untuk bisa dikolaborasikan dengan teknologi yang bisa menghasilkan value added,” ungkapnya.

Kemudian yang terakhir, Arif salah satu pembuat Lampion Kramat tersebut berharap hasil kreasi bersama Angga tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat setempat khususnya, serta mampu meningkatkan sumber penghasilan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan budaya lokal.

“Harapan nya kita tidak boleh melupakan budaya lokal, dan alangkah baik dan bagus nya kita kolaborasikan dengan teknologi-teknologi yang ada di zaman modern ini,” pungkasnya. (*/Mukhlas)

Golkat ied