Mahasiswa Teknik Sipil Untirta Ubah Limbah Plastik Menjadi Paving Block

Dprd

 

SERANG – Program Studi Teknik Sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar pengabdian masyarakat dengan melakukan pelatihan pembuatan paving block dari limbah sampah plastik.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, dari tanggal 23-24 Agustus 2023.

Kegiatan ini merupakan program pengabdian masyarakat dengan skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Ketua pelaksana pengabdian masyarakat, Woelandari Fathonah mengatakan Acara pelatihan ini bertujuan untuk mengajarkan cara membuat paving block ramah lingkungan dari limbah sampah plastik yang dapat digunakan dalam berbagai proyek konstruksi lokal.

Sankyu rsud mtq

“Tujuan pelatihan ini adalah mengajarkan cara membuat paving block dari sampah plastik yang dapat digunakan dalam berbagai proyek konstruksi,” ujar Woeland.

Dede pcm hut

Lanjut, Dosen teknik sipil tersebut mengatakan, pelatihan ini bagian dari upaya lebih besar untuk mempromosikan kesadaran lingkungan dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

“Selain itu, tujuan adanya pengabdi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan dan upaya berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan,” ucap Woeland.

Lanjut, Woelan juga mengatakan dengan adanya pelatihan ini, respon masyarakat sangat tinggi dan antusias, semoga dapat memberikan solusi konkret untuk mengatasi masalah limbah sampah plastik yang semakin meningkat.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sukamanah, Mukit, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada Jurusan Teknik Sipil Untirta yaitu Ibu Woelandari dan Mahasiswa yang terlibat sebagai tim panitia pelaksana atas dukungan dan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat kami,” ujarnya

Terakhir, Mukit berharap Kegiatan ini membuka peluang baru dalam mengelola sampah plastik dan menciptakan lapangan kerja lokal.

“Kegiatan ini membuka peluang baru dalam mengelola sampah plastik dan menciptakan lapangan kerja lokal,” tutupnya. (*/Fachrul)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien