Puluhan Mahasiswa dan Ormas Desak Bupati Serang Hentikan Bangunan Intake di Sungai Ciujung Lama

SERANG – Puluhan mahasiswa dan ormas geruduk Pendopo Bupati Serang terkait pembangunan intake atau sodetan di Sungai Ciujung Lama, Kabupaten Serang.

Mereka mendesak agar Pemkab Serang memberhentikan secara permanen bangunan Intake Sungai Ciujung.

Ketua PP Gamsut, Saefullah mengatakan bahwa bangunan Intake (sodetan) yang semula ditunda sementara waktu akan kembali dilanjutkan dengan dalih tidak akan mencemari daerah aliran sungai (DAS) Sungai Ciujung Lama.

“Pembangunan normalisasi Sungai Ciujung Lama yang diperuntukkan untuk memenuhi quantity (jumlah) air baku sebanyak 1.600.000 meter kubik atau 320 liter/detik merupakan sebuah target yang dipaksakan dengan mengorbankan masuknya aliran air Sungai Ciujung Baru yang tercemari limbah ke Sungai Ciujung Lama,” ujarnya disela-sela aksi, Kamis (17/6/2021).

Ia mengatakan proses memasukkan air yang tercemar melalui konstruksi intake atau sodetan di proyek normalisasi Sungai Ciujung Lama tahap II itu merupakan kesalahan yang tidak bisa lagi ditolerir. Sebab, sumber air bakunya diambil dari racun yang membentang di sepanjang aliran Sungai Ciujung Baru (Kali Jongjing).

“Jika pembangunan intake ini tetap dipaksakan, maka pemerintah daerah maupun pusat sedang berupaya membagi limbah Sungai Ciujung Lama dan akan mengancam kehidupan rakyat disepanjang bantaean Sungai Ciujung Lama,” katanya.

Mereka pun mendesak kepada Bupati Serang untuk segera menghentikan secara permanen bangunan Intake di Sungai Ciujung. (*/Roel)