Ks pwi

Universitas Bhakti Kencana Serang Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Kelor

 

 

SERANG – Universitas Bhakti Kencana (UBK) Serang Banten, kembali menggelar pengabdian masyarakat dengan tajuk “Sosialisasi Pemanfaatan Kelor”.

Kegiatan yang digelar di Aula Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang diikuti oleh unsur Pemerintahan Kecamatan Lebak Wangi, Senin (18/9/2023).

Adapun tujuan ini adalah merupakan pengejawantahan MoU antara Kecamatan Lebak Wangi dengan Universitas Bhakti Kencana Serang yang telah ditandatangani pada 08 Agustus 2023 lalu.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Cabang UBK Serang Triyani Moedjiherwati, M.Kes beserta Kepala LPPM Bekti Handayani, M.KM, Kaprodi Kebidanan Ibu Marwati, S.Tr.Keb.,M.KM dan Sekprodi Ibu Eva Desi Nur Hamidah, M.Tr.Keb.

Dalam kegiatan ini disampaikan bahwa kelor merupakan miracle tree yang telah ditetapkan oleh WHO dan masyarakat Banten perlu membudidayakan Kelor sekaitan dengan Program Pemerintah Pusat dan Banten khususnya yang masih memiliki tingkat stunting tinggi.

Sementara Camat Lebak Wangi Drs. H. Safrudin Dahlan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama dengan Perguruan Tinggi diharapkan dapat menggali potensi-potensi desa dan masyarakat desa sehingga bisa mendapatkan nilai tambah bagi warga Kecamatan Lebak Wangi.

Sosialisasi pemanfaatan kelor ini diharapkan membuka wawasan para perangkat pemerintah Kecamatan Lebak Wangi bahwa daun kelor dapat bernilai tambah ekonomi, bila kita mampu memanfaatkan dengan baik.

Sosialisasi pemanfaatan kelor disertai dengan menyediakan kudapan berbahan kelor berupa Bolu Kelor dan Telur Gabus Kelor, termasuk praktik pembuatan Telur Gabus Kelor.

Pada kesempatan itu juga diserahkan secara simbolis sepuluh bibit kelor kepada Camat Lebak Wangi dan diteruskan pada setiap unsur Pemerintah Kecamatan.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah membentuk Kampung Kelor yang akan dicanangkan pada Oktober akhir bersamaan dengan pelaksanaan Komunitas Kebidanan. (*/Red)